Implementasi Kegiatan Literasi Ratu Dongeng Untuk Pendidikan Karakter Anti Bullying Pada Taman Kanak-Kanak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kegiatan literasi "Ratu Dongeng" untuk pendidikan karakter anti-bullying pada di TK Pratama Widya Pasraman Surya Dhayana Kresna Besakih. Kegiata literasi yang dikemas menarik seperti "Ratu Dongeng" menggabungkan cerita moral dan interaksi sosial untuk membantu anak-anak memahami dan menerapkan prinsip-prinsip positif yang berkaitan dengan sikap anti-bullying. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakn data, observasi, kuesioner, dan wawancara dengan guru. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kegiatan litersi "Ratu Dongeng" memiliki efek positif yang signifikan terhadap pembentukan karakter anti bullying pada anak-anak di TK. Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman tentang pentingnya menghormati dan mendukung teman sebaya, serta peningkatan kemampuan mereka untuk mengidentifikasi perilaku bullying dan mengambil tindakan untuk mencegahnya. Temuan ini memiliki peran nyata bagi dunia pendidikan, khususnya untuk memperkuat strategi anti bullying di TK. Kegiatan literasi "Ratu Dongeng" sebagai salah satu cara yang efektif untuk membangun karakter positif dan mengurangi perilaku bullying di lingkungan pendidikan anak usia dini. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pendidik memilih cara terbaik untuk membangun karakter anti-bullying pada anak-anak.
Copyright (c) 2024 Ovinita Wikantari Pertami, I Wayan Numertayasa, I Nengah Sueca
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.