Efektivitas Model Multiliterasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Materi Cerita Rakyat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model multiliterasi terhadap kemampuan membaca pemahaman khususnya materi cerita rakyat. Penelitian ini dilaksanakan di 3 sekolah dasar, yaitu di SD 1 Klumpit, SD 6 Klumpit dan SD 3 Padurenan, dengan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode pretest-posttest. Teknik pengambilan sampling yang digunakan pada penelitian ini yakni teknik sampling jenuh, dengan jumlah populasi siswa kelas IV adalah 56 siswa berasal dari 3 sekolahan terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Rata-rata nilai pretest kemampuan membaca pemahaman adalah mencapai 49-53. Sedangkan rata-rata nilai posttest kemampuan membaca pemahaman adalah mencapai 82-87. Hasil uji normalitas nilai pretest posttest memperole hasil sig>0,05 dengan data pretest 0.198 , 0.396, 0.184 dan data posttes 0.816, 0.510, 0.508 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.. Uji N-gain dari selisih nilai pretest dan posttest diperoleh nilai 0,65 (SD 1 Klumpit) dan 0,67 (SD 3 Padurenan) 0,3≤g≤0,7 dengan kriteria peningkatan sedang, 0,75 (SD 6 Klumpit) g≥0,7 dengan kriteria peningkatan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan penggunaan model multiliterasi terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa dalam materi cerita rakyat
Copyright (c) 2024 mardiana firdausiyah firda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.