Mendesain Modul Ajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Poe2We Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Berbasis Project Based Learning (PjBL)
Abstract
Mendesain modul ajar bahasa Indonesia menggunakan model POE2WE untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (critical thinking) berbasis project based learning didasari atas fenomena bahwa sebagian besar mahasiswa yang mengontrak mata kuliah perencanana pembelajaran bahasa Indonesia belum mampu merancang modul ajar berorintasi pada peningkatan keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills). Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kompetensi mahasiswa dalam mendesain desain pembelajaran POE2WE berorientasi meningkatkan keterampilan berpikir kritis berbasis project based learning. Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil yang diperoleh mengambarkan kompetensi mahasiswa dalam mendesain modul ajar bahasa Indonesia menggunakan model POE2WE berorientasi meningkatkan keterampilan berpikir kritis (critical thinking) berbasis Project Based Learning sangat baik. Hal itu ditandai dengan kualitas mahasiswa dalam proses perkulihan, sedangan untuk hasil belajar mahasiswa menunjukkan peningkatan dari dari baik menjadi sangat baik terutama pada penguasaan pengetahuan mendesain modul ajara bahasa Indonesia.
Kata kunci: modul ajar, model POE2WE, critical thinking, project based learning
Copyright (c) 2024 Ade Bayu Saputra, Rustam Rustam, Priyanto Priyanto, Lusia Oktri Wini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.