Pengembangan Modul Menulis Artikel Ilmiah sebagai Penunjang Akselerasi Publikasi Ilmiah Mahasiswa
Abstract
Pengembangan modul mencakup seluruh proses pembuatan dan penggunaan materi pembelajaran, termasuk evaluasi, adaptasi, desain, pembuatan, penerapan, dan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi hasil pengembangan modul menulis artikel ilmiah. Modul ini memuat soal-soal evaluasi yang dapat mengukur sejauh mana pemahaman penulisan artikel ilmiah yang telah dipelajari serta mempercepat proses pemahaman materi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan pendekatan Research & Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket, catatan lapangan, dan wawancara. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman catatan lapangan, angket, dan pedoman wawancara. Modul Menulis Artikel Ilmiah dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah didapatkan. Hasil pengembangan Modul Menulis Artikel ilmiah dibedakan ke dalam tiga bagian, yakni bagian awal modul, bagian isi modul, dan bagian akhir modul. Hasil Pengembangan Modul Menulis Artikel Ilmiah ini dibuat sesuai dengan analisis kebutuhan yang didapatkan dengan beberapa penyesuaian. Penyesuaian ini dilakukan dengan pertimbangan substansi, sistematika, dan cakupan materi modul. Bagian awal, isi, dan akhir modul dikembangkan sesuai dengan pedoman penyusunan modul yang dikeluarkan oleh Kemdikbud.
Copyright (c) 2024 Ulfah Mey Lida, Lorena Dara Putri Karsono, Karebet Gunawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.