Pengembangan M-Learning Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik
M-Learning Development with Articulate Storyline to Improve Student Learning Outcomes
Abstract
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini kian maju dan menjangkau menuju seluruh aspek kehidupan termasuk di dunia pendidikan. Guru diharuskan untuk melahirkan karya-karya atau berinovasi dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Suatu media pembelajaran yang berkembang cepat yakni media berbasiskan teknologi, yaitu M-Learning Berbantuan Articulate Storyline. Media ini mampu mendukung pembelajaran di kelas dan membantu memberi peningkatan pemahamannya siswa kepada materi. Kegiatan meneliti ini mempunyai tujuan guna menghasilkan M-Learning Berbantuan Articulate Storyline yang merupakan media pembelajaran untuk peserta didik Kelas X MPLB SMK Muhammadiyah 3 Singosari, mengetahui kelayakan media belajar, dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi EDOMO. Metode pada kegiatan penelitian ini yakni Reseach and Development dengan model Borg and Gall. Data hasil validasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Sedangkan hasil uji coba pemakaian dianalisis menggunakan pengujian Independent Sample t Test. Penelitian ini menghasilkan M-Learning Berbantuan Articulate Storyline efektif digunakan pada proses pembelajaran. Hal tersebut bisa dilihat didasarkan atas hasil validasi pakar media, pakar materi, uji coba pada kelompok kecil yang meraih nilai dengan kategori sangat valid. Lebih lanjut hal ini juga dibuktikan melalui data hasil belajarnya siswa di kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrolnya.
References
Francese, R., Gravino, C., Risi, M., Scanniello, G., & Tortora, G. (2015). Using Project-Based-Learning in a mobile application development course-An experience report. Journal of Visual Languages and Computing, 31, 196–205. https://doi.org/10.1016/j.jvlc.2015.10.019
Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54
M. Rifqi Lutfi Alhafidz, A. H. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 11. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/UM014v11i22018p0107
Mas’adah. (2019). Development of Guided Inquiry Learning Model by Articulate Storyline Media on Elasticity Materials To Increase Student ’ s Motivation And Learning Achievement. International Journal of Scientific and Research Publication, 432–438.
Mumtahana, A. (2020). Development of Learning Content in Computer Based Media with Articulate Storyline to Improve Civiccs Learning Outcomes in Third Grade Elementary School Students. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(2), 777.
Octavia, A. D., Surjanti, J., & Suratman, B. (2021). Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2380–2391.
Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631
Rahmawati, E. M., & Mukminan, M. (2018). Pengembangang m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 157. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726
Rizal, H., Satrio, A. and Wirawan, P. W. (2013). Perancangan dan Pembuatan Mobile Learning Interaktif Berbasis Android Dengan Metode Personal Extreme Programming. Jurnal Masyarakat Informatika. https://doi.org/10.14710/Jmasif.4.8.21-26
Rohmah, F. N. and Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Economic & Education Journal, 169–182.
Sari, Rika Kurnia., Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122–130. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/31555
Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772
Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. In Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D (3rd ed.). CV Alfabeta.
Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p050
Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723
Sutiasih, A. D., & Saputri, R. P. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Organisasi Arsitektur Komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 137–147. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/27772
Utama, C., & Masfufah, A. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Articulate Studio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Sains, 3(1), 21–29.
Wirawan, A. W., Indrawati, C. D. S., & Rahmanto, A. N. (2017). Pengembangan media pembelajaran kearsipan digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 78. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i1.12879