Pengembangan E-modul Berbantuan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Development of E-modules with a Scientific Approach to Improve Learning Outcomes
Abstract
Era Globalisasi mempengaruhi dampak kehidupan manusia dalam aspek pendidikan. Pendidikan berperan penting mengembangkan potensi sumber daya yang lebih berkualitas. Penelitian ini mengembangkan sebuah produk berupa E-modul Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-modul, mengetahui kelayakan E-modul, dan mengetahui perbedaan capaian belajar menggunakan E-modul dan yang tidak menggunakan e-modul. Metode penelitian ini menggunakan model dari Borg and Gall yang menyebutkan sepuluh langkah penelitian kemudian dimodifikasi oleh peneliti menjadi sembilan langkah sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Hasil produk penelitian ini adalah E-modul yang dilengkapi fitur animasi, gambar dan video youtube yang sudah terintegrasi dan bisa di akses secara online maupun offline. Validasi ahli modul, ahli materi memperoleh nilai dengan kategori sangat layak, dan validasi pengguna memperoleh nilai kategori sangat baik. Sehingga E-modul layak digunakan sebagai bahan ajar penunjang kegiatan pembelajaran. Selain itu, E-modul ini sudah terbukti secara efektif meningkatkan hasil belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
References
Aisy, D. R., Farida, & Andriani, S. (2020). Pengembangan e-modul berbantuan sigil software dengan pendekatan saintifik pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499
Anggraini, R., Hendri, M., & Basuki, F. R. (2017). Pengembangan e-modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi gerak melingkar untuk Sma/Ma Kelas X. Artikel Ilmiah, 1–11.
Asgina, V., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan e-modul mata pelajaran sarana dan prasarana kelas XII otkp SMK IPIEMS Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi-Sosial, 5(2), 126–134.
Astutik, M., & Rusimanmto, puput wanarti. (2016). Pengembangan media pembelajaran multimedia intreraktif berbantuan software lectora inspire untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik di smk negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(01), 107–114.
Asymiyunda, Guspatni, & Azra, F. (2018). Pengembangan e-modul keseimbangan kimia berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI Sma/Ma. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEp), 2(2), 155–161.
Damayanti, R. S., Suyatna, A., Warsono, & Rosidin, U. (2017). Development of authentic assesment instrument for critical thinking skills in global warmning with a scientific approach. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 289–299. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16730
Fonda, A., & Sumargiyani. (2018). The developing math electronic module with scientific approach using kvisoft flipbook maker pro for XI grade of senior high school student. Journal of Mathematics Education, 7(2), 109–122. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122
Hamzah, I., & Mentari, S. (2017). Development of accounting e-module to support the scientific approach of student grade X vocation high scholl. Journal of Accounting a d Business Education, 2(1), 78–88.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kesehatan dan keselamatan kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Krisnayuni, K., Darmawiguna, I. G. M., & Putrama, I. M. (2015). Pengembangan e-modul berbasis model project based learning untuk mata pelajaran video editing. Karmapati:Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 4(5), 1–8. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/6618/4506
Kurniawan, W., Anwar, K., & Kurniawan, D. A. (2019). Effectiveness of using e-module and E-assessment. Paper- Effectiness of Using e-Modul and e-Assesment, 13(9), 21–39.
Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan e-module ipa bermuatan tes online untuk meningkatkan hasil belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79.
Ningtyas, R. K., & Jati, H. (2018). Project-based electronic module development as a supportng learning media for basic programming learning. Journal of Educational Science and Technology (EST), 4(3), 221–227. https://doi.org/10.26858/est.v1i1.6999
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Mlsykat, 03(01), 171–187.
Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker berbasis pendekatan saintifik pada materi menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah kata kelas X otkp 3 Smkn 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 07(03), 60–65.
Ramayanthi, L. A., Sunaryo, I. M. G., Sugihartini, N., & Darmawiguna, I. G. M. (2015). Pengembangan e-modul berbasis scientific pada mata pelajaran pengolahan citra digital kelas XI multimedia di Smk Negeri 3 Singaraja. Karmapati, Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 4(5), 1–9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/6586
Serevina, V., Surnayo, Raihanati, Astra, I. M., & Sari, I. J. (2018). Development of e-module based on problem based learning (PBL) on heat and temperature to improve student`s process skill. TOJET:The Turkish Online Journal of Education Technology, 17(3), 26–36.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D.
Suprayogi, I. S., Permana, A. H., & Siswoyo. (2020). Pengmbangan e-modul berbasis android untuk siswa sma materi induksi elektromagnetik dengan pendekatan saintifik. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 0(6), 137–140.
Syaifullah, M. (2017). Pengembangan e-modul berbantuan simulator sebagai media pembelajaran pemograman web kelas X rekayasa perangkat lunak Smkn 1 Surabaya. Jurnal IT-EDU, 02(02), 16–25.
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1265
Zaskiya, A., & Brillian, R. (2019). Pengembangan buku ajar berbasis saintifik mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarna untuk siswa kelas xi otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 07(04), 163–169.