Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol Video Scribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Development of Sparkol Video Scribe Assisted Learning Media to Improve Student Learning Outcomes
Abstract
Riset ini mengaplikasikan model R&D dari Borg dan Gall, untuk menguji validitas dan menghasilkan produk Sparkol Video Scribe. Tahapan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti, yaitu potensi dan permasalahan, pengumpulan data, pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba produk, revisi produk, dan produk masal. Produk yang dihasilkan berupa pengembangan media Sparkol Video Scribe untuk mengoptimalkan hasil belajar. Instrumen pengumpulan data adalah angket pakar media, pakar materi, dan angket uji coba kelompok kecil. Hasil pretest rata-rata 60,58, posttest rata-rata 83,27. Hasil uji validasi pakar media diperoleh skor 96%, pakar materi 94%, dan uji coba kelompok kecil skor 92%. Disimpulkan siswa yang memanfaatkan Sparkol Video Scribe terbukti memiliki hasil belajar lebih baik dan meningkat dibanding siswa yang tidak memanfaatkan Sparkol Video Scribe. Media pembelajaran berbasis digital dipandang sebagai alternatif untuk mentransfer konten pendidikan yang sangat membantu mengoptimalkan hasil belajar siswa.
References
Aryuntini, N., Astuti, I., & Yuliana, Y. G. S. (2018). Development of Learning Media Based on VideoScribe to Improve Writing Skill for Descriptive Text of English Language Study. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 3(2), 187. https://doi.org/10.26737/jetl.v3i2.746
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665
Basri, S., & Khatimah, H. (2019). Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik KElas XI SMA Negeri 6 Jeneponto Abstract : Effectiveness of the Use of Sparkol Videoscribe Learning Media Ag. 2019, 2, 84–89. https://media.neliti.com/media/publications/339356-efektivitas-penggunaan-media-pembelajara-45f965ea.pdf
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Rahmawati, E. Y. (2020). Improving Students’ Problem Solving Ability Through Learning Based Videoscribe. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(2), 61. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i2.1595
Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan video pembelajaran matematika berbatuan aplikasi sparkoll videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/viewFile/705/560
Hudhana, W. D., & Sulaeman, A. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 43. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/6839
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/30484693/jiptiain--umarhadini-8584-5-baii-with-cover-page v2.pdf?Expires=1635143804&Signature=AGq~Xg3Egfy-IWXsZ4nXIBKo4sci1BTMow66q0KYXfJ1wJFZgR783pTxJVJz5lrEFXoVkMWDNuRCDecBVmXLjIxjm1YrshdhFk4FUDgHl7t5M22m1NzR~9eUgE
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media PEmbelajaran Sebagai Upaya PEningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://media.neliti.com/media/publications/333175-fungsi-dan-peran-media-pembelajaran-seba-567ef6c4.pdf
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Pranata, I. M. A., & Jayanta, I. N. L. (2021). Improving Students’ Comprehension about Energy Sources through Sparkol Videoscribe-Based Learning Media. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/35804
Prasetya, G. D., & Trisnawati, N. (2021). Analisis penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan kelas xi OTKP di smk negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9, 143–153. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9248
Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 303–309. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355
Rahmawati, F., Soegimin, & Kardi, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Videoscribe Pada Materi Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sman 1 Kedungwaru. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(2). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/516
Setiyowati, P., & Panggayuh, V. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan video scribe sparkol terhadap hasil belajar smk perwari tulungagung kelas X tahun ajaran 2017/2018. Joeict (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), 12–21. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/article/view/694
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar mengajar. In Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syamsul, N. A. (2019). Pengembangan Materi Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Media Aplikasi Sparkol Videoscribe. Universitas Negeri Makassar, 4. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=TuYHPZYAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=TuYHPZYAAAAJ:0izLItjtcgwC
Widiari, L. E. R., & Astawan, I. G. (2021). Ecosystem Learning with Sparkol Videoscribe-Based Learning Media. International Journal of Elementary Education, 5(2), 231. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34731
Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3261