Implementasi Manajemen Penjualan Berbasis CMS Menggunakan Si-Salman Dalam Meningkatkan Penjualan di Kadounik_tegal

Implementation of CMS-Based Sales Management Using Si-Salman in Increasing Sales at Kadounik_tegal

  • Shafa Fuadha Politeknik Harapan Bersama Tegal
  • Andri Widianto Politeknik Harapan Bersama Tegal
Keywords: Sistem Informasi Manajemen Penjualan, Peningkatan Penjualan, Si-Salman

Abstract

Ditengah pengaruh globalisasi yang serba instan ini pelaku UMKM perlu beradaptasi dengan sistem digitalisasi untuk perkembangan usahanya. Penggunaan sistem informasi dalam proses transaksi penjualan dapat mempercepat pengolahan data transaksi menjadi informasi sehingga dapat meningkatkan penjualan. Dengan menerapkan Si-Salman (Sistem Informasi Sales Management) pada manajemen penjualan di Kadounik_tegal dapat menjangkau pasar yang lebih luas sehingga omset penjualannya dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan dan pengumpulan data melalui teknik wawancara dengan pihak Kadounik_tegal, observasi langsung, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penjualan yang ada di Kadounik_tegal belum terintegrasi satu dengan lainnya. Dengan mengimplementasikan Si-Salman di Kadounik_tegal menjadikan proses bisnis yang lebih efisien sehingga meningkatkan omset penjualan Kadounik_tegal.

References

Esti, E. W., Sari, Y. P., & Fauzi, A. Z. (2024). Implementasi manajemen persediaan menggunakan sistem aplikasi SAKTI: Kantor Pengawasan dan Pelayanan BEA dan Cukai tipe Madya Pabean C Tegal. JAAF (Journal of Applied Accounting and Finance), 8(1), 1–11.
Hananto, M. R., & Sulistyono, I. B. (2023). Digitalisasi Produk UMKM Masyarakat Kelurahan Karangtalun Guna Meningkatkan Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Penta Helix. Ikrath-Abdimas, 6(1), 148–149.
Marlinah, L. (2019). Pentingnya Peran Perguruan Tinggi dalam Mencetak SDM yang Berjiwa Inovator dan Technopreneur Menyongsong Era Society 5.0. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 2(3), 17–25.
Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE: Journal of Applied Business and Economic, 9(2), 184–204.
Nurjamil, R., & Sembiring, F. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Jasa Pembuatan Furniture Berbasis Web (Studi Kasus Design Interior Concept Modern). SISMATIK: Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Manajemen Informatika, 228–240.
Pravitasari, V., & Rahmawati, D. (2016). Perancangan Sistem Akuntansi Penjualan Tunai Berbasis Web Pada Perusahaan Pupz Miracle. Jurnal Profita, Edisi 2, 1–12.
Ramadhan, D., Nayawangsa, A., & Kusuma, M. S. (2023). Digitalisasi UMKM Dalam Menghadapi Era Society 5.0 di Desa Pasirjambu. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(2), 75–87.
Sari, I. P., Syahputra, A., Zaky, N., Sibuea, R. U., & Zakhir, Z. (2022). Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan dan Layanan Jasa Laundry Sepatu Berbasis Website. Blend Sains Jurnal Teknik, 1(1), 31–37.
Sari, Y. P., Aryanto, A., Widianto, A., Kartika, D., Syaharanibasir, N. D., & Nurkhasanah, A. (2023). Financial Planning Literacy Bagi Pengusaha Perempuan Di Kabupaten Tegal. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(1), 149–153.
Published
2024-08-19
Abstract viewed = 146 times
PDF downloaded = 78 times