Tembus hingga 35 juta Penonton: Strategi Konten Iklan pada Instagram Reels dalam meningkatkan Brand Engagement OPPO A60 Sebagai Handphone Terkuat di Bumi.

Up to 35 million viewers: Ad Content Strategy on Instagram Reels to Increase Brand Engagement of OPPO A60 as the Strongest Phone on Earth.

  • Farhan Muhammad Achdiat Administrasi Bisnis, Universitas Padjadjaran
  • Cecep Safa'atul Barkah Administrasi Bisnis, Universitas Padjadjaran
  • Iwan Sukoco Administrasi Bisnis, Universitas Padjadjaran
  • Nurillah Jamil Achmawati Novel Administrasi Bisnis, Universitas Padjadjaran
Keywords: Brand engagement, Instagram Reels, Konten Iklan, Media Sosial, Strategi Komunikasi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan dalam konten iklan OPPO A60 di Instagram untuk meningkatkan brand engagement. Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan teknologi digital yang mengubah cara perusahaan berkomunikasi dan memasarkan produk melalui media sosial. Permasalahan yang diidentifikasi adalah bagaimana strategi konten iklan berkontribusi dalam meningkatkan keterlibatan merek. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif, mengumpulkan data dari wawancara, analisis konten iklan dan studi literatur. Analisis data menunjukkan bahwa elemen visual yang kuat dan Copywriting yang menggugah dalam konten iklan OPPO A60, pemanfaatan fitur interaktif Instagram seperti Reels, lalu berkolaborasi dengan KOL yang relevan, mengoptimalkan waktu posting, dan menggunakan pendekatan AIDA telah efektif dalam mencapai jangkauan yang luas dan tingkat keterlibatan yang tinggi. Hasil penelitian mendukung literatur sebelumnya yang menegaskan efektivitas media sosial dalam meningkatkan brand engagement. Kesimpulannya, strategi komunikasi pemasaran yang kreatif dan interaktif sangat penting untuk memanfaatkan media sosial dalam meningkatkan kesadaran merek dan keterlibatan konsumen.

References

Adil. (2024). Pengertian Hook Konten, Mengapa Brand Harus Tahu dan Menerapkannya. Bithourproduction.Com. https://bithourproduction.com/blog/pengertian-hook-konten/
Adil. (2024). Rahasia Produksi Iklan agar Sukses: Tips dari Para Profesional. Bithourproduction.Com. https://bithourproduction.com/blog/rahasia-produksi-iklan-agar-sukses/
Admin. (2023, November). Desain Grafis Untuk Media Sosial: Strategi Yang Efektif. Greenacademy.Co.Id. https://greenacademy.co.id/desain-grafis-media-sosial-strategi-efektif/
Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram sebagai media promosi dalam meningkatkan jumlah penjualan pada ADA souvenir project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 466-477.
Bertram, M. (2024). THE IMPACT OF VISUAL CONTENT IN BRAND MARKETING. Ewrdigital.Com. https://www.ewrdigital.com/blog/impact-visual-content-brand-marketing
Charu. (2023). Manfaat Pemasaran Konten Visual: Bagaimana Konten Visual Dapat Mendorong Keterlibatan dan Penjualan. Ranktracker.Com. https://www.ranktracker.com/id/blog/benefits-of-visual-content-marketing-how-visual-content-can-drive-engagement-and-sales/
Devzv. (2021). Instagram Analytics – Bagaimana Cara Kerjanya? Devzv.Com. https://www.devzv.com/id/instagram-analytics-how-does-it-work.html
Ensinesia. (2020). Kekurangan dan Kelebihan Instagram. Ensinesia.Com. https://www.ensinesia.com/2020/02/kekurangan-dan-kelebihan-instagram.html
Gityandraputra, D. (2020). Fitur-Fitur Instagram Stories yang Efektif Menaikkan Engagement. Marketingcraft.Getcraft.Com. https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/fitur-fitur-instagram-stories-yang-efektif-menaikkan-engagement
Halim, E., Noverya, N. A. R., Kurniawan, Y., & Sugandi, L. Use of social media through Digital Content Short Video for Advertising by Influencers or Brand Ambassadors.
Lemon. (2021). Meningkatkan Brand Awareness Dengan Influencer Marketing. Lemon.Co.Id. https://lemon.co.id/articles/brand-awareness-dengan-influencer-marketing/
Maharani, S. (2022). Penggunaan Fitur Instagram Reels Sebagai Personal Branding (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Maulidiyah, D. N., & Arsyianto, M. T. (2020). Analisis Periklanan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Konsumen dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. SKETSA BISNIS (e-jurnal), 7(2), 94-105.
Meifilina, A. (2023). Strategi Media Sosial Instagram Dalam Membangun Customer Engagement Pengunjung di Daff Coffee Shop Kabupaten Blitar. Koloni, 2(3), 162-172.
Natasha, J. B., Angelia, C. R., & Susilo, D. (2023). Social Media Marketing Strategy in Increasing Customer Engagement of Taman Safari Indonesia Bogor (Case Study on Instagram@ Taman_Safari). Indonesian Journal of Business Analytics, 3(2), 351-408.
Ramadhan, K. M., Anshori, D. S., & Fuadin, A. (2024). Bahasa Iklan dengan Teknik Copywriting AIDA di habiskerja.com. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 618-630.
Sejahtera, T. (2020). PANDUAN UTAMA UNTUK MEMASTIKAN KEBERHASILAN KAMPANYE PEMASARAN MEDIA SOSIAL ANDA. Goprospero.Com. https://www.goprospero.com/blog/id/social-media-marketing-campaign/
Simabur, L. A., Herlina, R., & Wiradharma, G. (2023). Creating Exciting Content: A Descriptive Study of Pixbox's Digital Marketing Strategies on Social Media. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 11(1), 33-42.
Subagio, V. A. (2024). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Pada Kedai Loeang Kopi Surabaya. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(3), 363-373.
Sutomo, M., & Wanti, S. (2023). STRATEGI CONTENT MARKETING DALAM MEMBANGUN CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OUT OF THE BOX. Bridging Journal of Islamic Digital Economics and Management, 1(1), 283-290.
Syahputra, D. M., & Widhiandono, D. (2023). CONTENT MARKETING SEBAGAI STRATEGI MERAIH ENGAGEMENT TINGGI MELALUI MEDIA SOSIAL:(Studi kasus pada Instagram@ harian. disway Surabaya). RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 3(04), 7-15.
Published
2024-08-24
Abstract viewed = 78 times
PDF downloaded = 49 times