Analisis Potensi Start up Farhan Variasi Mobil dalam Usaha di Bidang Otomotif

Analysis of Farhan's Start-up Potential for Car Variations in Business in the Automotive Sector

  • Ahmad Zaenul Arifin Universitas Insan Budi Utomo
  • Miftah Rakhmadian Universitas Insan Budi Utomo
  • Melisa Wahyu Fandyansari Universitas Insan Budi Utomo
  • Deni Nugroho Universitas Insan Budi Utomo
Keywords: Start up, Variasi Mobil, Ekonomi Kreatif, Otomotif

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan bisnis yang banyak diminati pada saat ini oleh para wirausaha muda, salah satunya adalah bisnis yang akseroris atau variasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potensi start up ekonomi kreatif Farhan Variasi Mobil dalam usaha dibidang otomotif, dan juga bagaimana pengelolaan pada bisnis Farhan Variasi Mobil. Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bisnis start up Farhan Variasi Mobil dapat berpotensi lebih besar apabila memenuhi karakteristik pasar yang ada sekaligus, selalu update terhadap perubahan-perubahan pasar maupun jenis variasi keluaran terbaru, serta berusaha memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada untuk saat ini. Sebagai bisnis start up Farhan Variasi Mobil masih belum secara konsisten menerapkan fungsi manajemen seperti planning, organizing, actuating, controlling dalam binis pada umumnya. Dalam strategi pemasaran memlalui offline dan online terkadang pemasaran masih kurang maksimal, sebaiknya dibutuhkan tenaga pemasar yang lebih difokuskan ke pemasaran agar bisa menyerap pasar yang lebih luas. Farhan Variasi Mobil memiliki nama yang cukup besar di kalangan pelangan, hal ini dapat dilihat dari rating google map yang cukup tinggi dan kepercayaan pelangan yang cukup besar terhadap bengkel tersebut, manajemen bengkel yang masih kurang baik. Ancaman berasal dari pengusaha di bidang bisnis yang sama, dimana pemasaran yang terkadang pada saat waktu luang saja menjadikan bengkel mendapatkan ancaman yang lebih besar. Rencana pengembangan bisnis Farhan Variasi Mobil yang di usulkan, kiranya dapat memperbesar sakala usaha bisnis dengan mengunakan strategi kekuatan atau kelebihan yang ada, agar dalam pemanfaatan peluang ini menjadikan bisnis semakin berkembang untuk kedepanya.

References

Carunia, Mulya. (2018). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Indonesia. Jakarta: Yayasan Putra Obor Indonesia. 1 (2),10.
Fitriadi, Y. Novita, W &Kelana, S. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi Kreatif Subsek Kuliner Di Kota Padang. Jurnal EKOBISTEK. 10 (1), 65-74.
Hermawan, A. 2021. Analisis Strategi dan Model Bisnis Start up untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis Start up di Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis. 21 (1),23-30.
Karina dkk. (2021). Pengaruh Perusahaan Start up Terhadaɔ Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Covic -19. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri. 2 (1),156-166.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet.22. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Nugraha, A., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start up Digital Business: Sebagai Solusi Penggerak Wirausaha Muda. Jurnal NUSAMBA, 2 (1), 1-9.
Porter, M.E. (2007). Strategi Bersaing: Teknik Menganalisa Industry dan Pesaing. (sigitsuryanto, Trans.) Tangerang: Kharisma Publishing Group.
Rahmadiane, G, D dkk. (2020). Pengembangan Bisnis Start up Untuk Meminimalisir Kegagalan Dalam Berbisnis. Jurnal Penerapan IPTEKS dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(2), 46-50.
Saputra, Andi. (2015). Peran Inkubator Bisnis dalam Mengembangkan Digital Startup Lokal di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 4 (1), 1-24.
Sari, Fransisca, D, P. &Sitepu, Sri, N, B. (2016). Peran Faktor Internal dan Faktor Eksternal Pada Keberlangsungan Start up Bisnis Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. 1 (2), 12-22.
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekata Kuantitatif, Kualitatif, dan R and D, Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfaberta.
Sumarni, Murtidan John Soeprihanto. (2005). Pengantar Bisnis: Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan. Yogyakarta: Liberty.
Tiffany, A dkk. (2020). Strategi Pemilik Bisnis Start up 1 Indonesia Hadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Industri Kreatif Universitas Ciputra. 10 (2), 55-63.
Utomo, H dkk. (2019). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Start up Bisnis Kuliner Di Desa Sri martani, Piyungan, Bantul, DIY. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarat. 2 (2), 1-12.
Wibowo, Agus. (2021). Bisnis Start up. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.
Widodo, Djoko S. (2020). Membangun StartUp Entrepreneur Yang Unggul. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Wijayanto, D. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Yu, Shuang, dkk. (2013). Analisis SWOT dan Penanggulangan Perkembangan Industri Ubi Jalar di Kabupaten Ziyun. 5(5), 40-43. Jurnal Internasional Penelitian Pertanian Asia.
Published
2024-08-05
Abstract viewed = 119 times
PDF downloaded = 92 times