Pengembangan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Kab. Malang

Wordwall Application Development to Improve Learning Motivation of Grade XI Students in PKK (Creative Products and Entrepreneurship) Subject at SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo, Malang Regency

  • Diana Putri Widya Bintari Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo
  • Miftah Rakhmadian Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo
  • Titik Purwati Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo
  • Haris Amrullah Universitas Insan Budi Utomo
Keywords: Media Pembelajaran, Wordwall, Motivasi Belajar

Abstract

Digitalisasi dalam media pembelajaran saat ini sangat diperlukan. Hal ini berguna untuk menbangkitkan motivasi belajar peserta didik, agar saat dilaksanakannya proses belajar  mengajar peserta didik tidak merasa bosan dan mampu memperhatikan dengan seksama materi yang dijelaskan oleh pendidik. Wordwall adalah media pembelajaran berbasis online yang menghadirkan banyak template game untuk menunjang kreativitas pendidik dalam memberikan materi dan latihan soal dengan interaktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Wordwall pada mata pelajaran PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) di  Kelas XI SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo. Metode yang digunakan adalah Reserch and Development (R&D) , dengan prosedur pengembangan yang dipakai adalah model pengembangan ADDIE dengan tiga tahapan yaitu Analisis, Desain dan Pengembangan. Terdapat satu orang validator ahli media dan satu orang validator ahli materi yang menguji dengan menggunakan instrumen angket. Ditemukan hasil bahwa pengembangan media pembelajaran oleh peniliti dinyatakan “Layak” dengan presentase 81% dalam informasi materi dan “Sangat Layak”  dengan presentase 96% dalam keseluruhan desain media.

References

Adabiah, R., & Chandra. (2024). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL UNTUK MENYUKSESKAN PEMBELAJARAN MAJAS DI SEKOLAH DASAR. 23–37. https://jossama.com
Amalia, S. H., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Fisika (GEMIKA) Berbantuan Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 222–232. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.18099
Ardila, I., Jamil Nuryasin, M., Cahya, N., Afro Nida, N., Ashilah, H., & Afrizal, S. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Wordwall Di SMA Negeri 1 Ciruas. Stevany Afrizal INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 7247–7258. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). EVALUASI PEMBELAJARAN. Citapustaka Media.
Budi Saptaaji, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Desain Pembelajaran Blended Learning dengan Wordwall. Journal of Education Research, 4(3), 1503–1512. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.388
Dhika, O. H., & Destiawati, F. (2022). WORKSHOP PEMANFAATAN APLIKASI WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7). http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI
Elisa Magdalena Br Gultom, H. S. M. D. P. N. P. M. S. (2024). PENGARUH APLIKASI WORDWALL ARTIFICIAL INTELLIGENCE (KECERDASAN BUATAN) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X DI SMA NEGERI 2 TANJUNG MORAWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Elisa Priscillia, Z., Mufidah, E., & Al-Fattah Siman Sekaran Lamongan, S. (2023). PENERAPAN KUIS ONLINE WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH. Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 61–69. https://doi.org/10.37850/ibtida
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra , 182–188.
Galih Visnhu Pradana, B., Mario Pratama, Y., Jaya Yogyakarta Jl Babarsari No, A., Depok, K., Sleman, K., & Istimewa Yogyakarta Korespondensi, D. (2022). THE ROLE OF THE DIGITALIZATION OF LEARNING MEDIA ON THE QUALITY OF LEARNING. Jurnal Sosial Humaniora P-ISSN 2087-4928 e-ISSN 2550-0236 , 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jsh.v13i2.4989
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079
Jayanti, T. S., Herman, N. D., & Mufhidin, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, 3(1), 55–66. https://doi.org/10.17509/jptb.v3i1.56950
Kristina, H., Vitasari, M., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Literasi Sains Tema Ayo Siaga Bencana untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6, 754–763. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Latifa, R., & Dewi, R. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall pada Mata Pelajaran Ekonomi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 8362–8376. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Listiani, T. (2024). Implementing Wordwall in Teaching Sampling Techniques for Higher Education Students. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v9i8.15582
Luftia Putri, I., Estika Hader, A., Guru Sekolah Dasar, P., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Game Wordwall Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 10 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3). https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Lutfiwati, S. (2020). MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK. Jurnal Kependidikan Islam, 10. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.5642
Marhamah, & Zikriati. (2024). Mengenal Kebutuhan Peserta Didik Diera Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 89–106. https://jurnal.fanshurinstitute.org/index.php/wathan|89
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Buku Model Pembelajaran Inovatif (Nurdyansyah, Ed.). Nizamia Learning Center.
Penyusun Ellya Fauzia, T., MPd Yuyun Sulistyawati, Ss., Dennok Wahyusari, S., & Naimatul Khusnah, Sp. (n.d.). Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Kelas XI.
Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616
Rai, N., Pitriani, V., Gusti, I., Desy Wahyuni, A., Ketut, I., Gunawan, P., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2021). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu. 4(3). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta
Ratnawulan, E., & Rusdiana. (2014). EVALUASI PEMBELAJARAN dengan pendekatan kurikulum 2013. Pustaka Setia Bandung.
Rustandi, A. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal FASILKOM, 11(2), 57–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Samudra, U. (2024). Pengembangan Wordwall: Inovasi Media Pembelajaran Digital Terintegrasi Hartutik1, Rapita Aprilia2. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 2). https://jurnaldidaktika.org
Saptono, Y. J. (2016). MOTIVASI DAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA. In Volume I | Nomor 1 | Maret. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
Setiyanto, S., & Fatah Yasin, I. (2024). WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SMA NEGERI 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG MENGGUNAKAN WORDWALL WORKSHOP FOR CREATING INTERACTIVE LEARNING MEDIA AT SMA NEGERI 1 PABELAN, SEMARANG DISTRICT USING WORDWALL. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/415
Syahid, I. M., Annisa Istiqomah, N., & Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr
Zahro, N. A. Q., & Pratama, A. R. (2023). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA , 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880
Zahroh, P. N., Yusuf, W. F., & Yusuf, A. (2024). Penggunaan Media Wordwall Dalam Evaluasi Pembelajaran. TADBIR MUWAHHID, 8(1), 123–139. https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.12805
Published
2024-08-24
Abstract viewed = 100 times
PDF downloaded = 65 times