Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dasar-dasar Akuntansi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Base Learning Pada Prodi Pendidikan Ekonomi

Improving the Quality of Learning in Accounting Basics by Using the Project Base Learning Learning Model in the Economic Education Study Program

  • Yulita Puji Harti IKIP Budi Utomo
  • Titik Purwati Universitas Insan Budi Utomo
  • Loesita Sari Universitas Insan Budi Utomo
  • Mukarom Mukarom Universitas Insan Budi Utomo
Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Pendekatan Kontekstual, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar bertahun-tahun pada mata kuliah Dasar-dasar Akuntansi, terdapat hasil yang kurang menggembirakan. Rata-rata prestasi mahasiswa lima tahun terakhir  terkategori rendah, pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah minim dan masih terdapatnya kepasifan mahasiswa di dalam ruang kuliah. Penelitian tindakan kelas ini  bertujuan untuk  meningkatkan proses dan hasil belajar mata kuliah Dasar-dasar Akuntansi. Rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) ini memadukan metode pembelajaran Project Base Learning dengan pendekatan kontekstual sehingga terdapat modifikasi langkah dari model PjBL yang murni. Dimana pada model PjBL  dosen yang menyampaikan materi, tetapi pada metode ini mahasiswa membangun sendiri pemahamannya tentang satu materi sampai menyajikannya dalam bentuk presentasi materi disertai pemecahan masalah yang diberikan pada kelompok maupun individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Proses Pembelajaran menjadi lebih aktif dibanding dengan menggunakan metode konvensional, dimana mahasiswa terlibat sejak awal mulai dari pencarian materi, presentasi sampai pembuatan project berbasis project secara kelompok maupun individu.Proses keaktifan mahasiswa juga meningkat dari siklus ke siklus.Hasil pembelajaran juga meningkat dari siklus ke siklus dimana pada siklus 1 mean 59,21 akhir siklus 3 rata-rata prestasi mahasiswa mencapai 78,88 .Hasil belajar dari siklus ke siklus juga menunjukkan perkembangan. Ini berarti metode pembelajaran Project Base Learning dengan pendekatan kontekstual berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Dasar-dasar Akuntansi  di Prodi Pendidikan Ekonomi.

References

Alimudin, Z; Bagus,D.2022. Merancang Project Based-Learning Lintas Mata Pelajaran yang mengacu Pada CP, TP, dan ATP. Barito Kuala : Havec Press
Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Dahri,N. 2022. Problem and Project Based Learning (PPjBL) Model pembelajaran abad 21.Padang : CV.Muharika Rumah Ilmiah
Degeng, I. N. S. 1991. Karakteristik Belajar Mahasiswa Berbagai Perguruan Tinggi. Laporan Penelitian. Depdikbud Dikti PTBAU/IUC (Bank Dunia XVIII).
Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Niswonger,Fess Warren.1990.Prinsip-Prinsip Akuntansi Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Niswonger,FessWarren.1990.Prinsip-Prinsip Akuntansi Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nugraheni, Fitri. 2011. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasisw (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMK). Jurnal Penelitian Universitas Muria Kudus
Pradnyana, dkk. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivsi Belajar dan Pretasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Dalam e-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013)
Proyek Development for Undergraduate Education (DUE) - Like Universitas Indonesia. 2002. Panduan Pelaksanaan Collaborative Learning & Problem Based Learning. Depok : Universitas Indonesia.
Ramdhani F, Santoso,S, Ngadiman, 2013. Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning).JUPE UNS,Vol 1 NO 1,
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :Bumi Aksara
Sulisworo,D. 2020 Konsep Pembelajaran Project Base Learning.Semarang : PT Sindur Press
Setiawan.2012. Mahir Akuntansi. Jakarta: Gramedia.
Sidiq,R; Najuah,Suhendro .2021. Model-Model Pembelajaran Abad 21.Serang-Banten : CV AA.Rizky
Thacker,Ronald. 1985. Accounting Primciples 3th Edition. Prentice Hall, Inc. Englewood,New Jersey.
Weygandt, Kieso dan Kell. 1998 Accounting Primciples 5th Edition.John Wiley 7 Sons,Inc : New York - USA
Yusuf,Haryono,AL. 2011. Dasar-Dasar AKuntansi Jilid 1,Yogyakarta : Bagian Penerbitan Akademi Akuntansi YKPN
Yusuf,Haryono,AL.2011. Dasar-Dasar AKuntansi Jilid 2,Yogyakarta : Bagian Penerbitan Akademi Akuntansi YKPN
Published
2024-08-05
Abstract viewed = 128 times
PDF downloaded = 115 times