Pengembangan E-Modul dengan Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kendedes Kota Malang

Development of E-Modules Using the Flip Pdf Corporate Edition Application at the Community Learning Center (PKBM) Kendedes, Malang City

  • Eva Rayi Artania Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo
  • Miftah Rakhmadian Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo
  • Putri Vina Sefaverdiana Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo
  • Haris Amrullah Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo
Keywords: E-Modul, Flip PDF Corporate Edition, Pengembangan

Abstract

E-modul merupakan modul versi elektronik yang digunakan sebagai sarana pembelajaran, berisi materi, metode, batasan dan cara penilaian yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil pengembangan e-modul berbasis Flip PDF Corporate Edition pada pelajaran IPS Paket B setara SMP/MTS di PKBM Kendedes Malang, (2) Kelayakan e-modul (modul elektronik) berbasis  Flip PDF Corporate Edition. Metode penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan 4D menggunakan empat tahapan (define, design, develop, disseminate), namun karena keterbatasan watu penelitian, maka peneliti hanya  melaksanakan sampai tahap ke-3 yaitu develop. Validasi e-modul melibatkan 1 orang ahli media dan satu orang ahli materi. Objek penelitian berupa e-modul IPS. Instrumen yang digunakan untuk kelayakan e-modul meliputi lembar validasi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukan : (1) Hasil e-modul yang sudah dibuat berupa link berbentuk online mencakup materi IPS Paket B setara SMP/MTS; (2) E-modul dengan nilai ahli media sebesar 85% dan ahli materi sebesar 88%. hal ini mengimplikasikan bahwa e-modul hasil penelitian dapat digunakan dalam pembelajaran.

References

Anggraeni, W. P., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Penanganan Telepon. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).
Cheva, V. K., & Zainul, R. (2019). (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur untuk SMA/MA Kelas X. Jurnal Edukimia, 1(1), 28-36. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pendkimia/article/view/104077
Efwinda, S., & Mannan, M. N. (2021). Technological pedagogical and content knowledge (TPACK) of prospective physics teachers in distance learning: Self-perception and video observation. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012040
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Hayati, I., Khofifah, N., & Amin, A. (2023). Efektivitas Tahapan Proses Pengambilan Keputusan dalam Program Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di SMA N 10 Kota Bengkulu. Journal on Education, 5(4), 15840–15851.
Ningsih, A. M., & Suriani, A. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS NARASI MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE BERBASIS RADEC KELAS IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5387–5395.
Purba, J., & Sigalingging, E. R. (2021). (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Ikatan Ion Dan Kovalen Untuk Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia UNIMED. Http://Digilib.Unimed.Ac.Id/47063/1/TextFile.Pdf. http://digilib.unimed.ac.id/47063/1/TextFile.pdf
Rayanto, Y. H., & S. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktik. Lembaga Academic & Research Institute.
Safitri, N. A., Elvinawati., & Rohiat, S. (2022). (2022). Pengembangan E-Modul Kimia Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition Pada Materi Larutan Anggraeni, W. P., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Penanganan Telepon. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).
Cheva, V. K., & Zainul, R. (2019). (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur untuk SMA/MA Kelas X. Jurnal Edukimia, 1(1), 28-36. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pendkimia/article/view/104077
Efwinda, S., & Mannan, M. N. (2021). Technological pedagogical and content knowledge (TPACK) of prospective physics teachers in distance learning: Self-perception and video observation. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012040
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Hayati, I., Khofifah, N., & Amin, A. (2023). Efektivitas Tahapan Proses Pengambilan Keputusan dalam Program Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di SMA N 10 Kota Bengkulu. Journal on Education, 5(4), 15840–15851.
Ningsih, A. M., & Suriani, A. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS NARASI MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE BERBASIS RADEC KELAS IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5387–5395.
Purba, J., & Sigalingging, E. R. (2021). (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Ikatan Ion Dan Kovalen Untuk Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia UNIMED. Http://Digilib.Unimed.Ac.Id/47063/1/TextFile.Pdf. http://digilib.unimed.ac.id/47063/1/TextFile.pdf
Rayanto, Y. H., & S. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktik. Lembaga Academic & Research Institute.
Safitri, N. A., Elvinawati., & Rohiat, S. (2022). (2022). Pengembangan E-Modul Kimia Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition Pada Materi Larutan Penyangga. ALOTROP, 6(2), 156-164. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/alo.v6i2.25512
Septryanesti, N., & Lazulva, L. (2019). (2019). Desain Dan Uji Coba E-Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog Pada Materi Hidrokarbon. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4 (2), 202–215. https://doi.org/http://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5659
Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn), 417–422. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pentingnya+Technological+Pedagogical+Content+Knowledge+%28Tpack%29+Guru+Di+Era+Revolusi+Industri+4.0&btnG=
Yerimadesi, Y., Bayharti, B., Handayani, F., & Legi, W. F. (2016). Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Sanitifik untuk Kelas XI SMA/MA. Journal of Sainstek, 8(1), 85-97. http://repository.unp.ac.id/26653/1/2016- Journal%2520of%2520Sainstek%2520Vol.%25208%2520No.%25201%2520th%25202016%252 0%2528hal%252085-97%2529_sdh.pdf Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020).
Published
2024-08-27
Abstract viewed = 54 times
PDF downloaded = 37 times