Desain Pembelajaran Interaktif Menggunakan Model Example non example
Abstract
Guru menggunakan model pembelajaran example non example dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan edukatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan siswa selama penerapan model pembelajaran example non example. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi-eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor hasil belajar pada kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1,85 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Perbedaan tersebut disebabkan model example non example membuat siswa lebih aktif didalam proses pembelajaran.
References
Arikuanto, Suharsimi. 2012. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asmani, Jamal, Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi Pakem ( Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogja: Diva Pres.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isuMetodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-ruzz Media