http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/issue/feed Economic and Education Journal (Ecoducation) 2024-09-01T09:43:57+00:00 Putri Vina Sefaverdiana putrivinasefaverdiana@budiutomomalang.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Economic and Education Journal (Ecoducation)</strong>: an open access journal to publish research results in the fields of economics and education. Managed and published by the Economic Education Study Program, Insan Budi Utomo University, with ISSN Numbers: <strong>P-ISSN 2684-9663</strong> and <strong>E-ISSN 2656-5234</strong>.<br>This journal is published three times a year; in <strong>April</strong>, <strong>August</strong> and <strong>December</strong>.<br>The scope of this journal: <strong>Economic Education</strong>, <strong>Economics</strong>, <strong>Accounting</strong>, <strong>Management</strong>, and <strong>Entrepreneurship</strong>.</p> http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4176 Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung Siswa Jurusan Layanan Perbankan SMK Negeri Gudo 2024-08-07T06:33:22+00:00 Shanti Nugroho Sulistyowati shantinugroho@yahoo.com Bramasta Aulia Rahman bramastaaulia3990@gmail.com <p>Menabung adalah cara untuk mengelola uang Anda dengan niat untuk mendapatkan sesuatu di kemudian hari. Penelitian ini dibuat dengan tujuan mengumpulkan data mengenai faktor apa saja yang berpengaruh terhadap minat menabung. Studi ini dilakukan SMK Negeri Gudo Jombang, yang memiliki Mini Bank untuk memberikan layanan perbankan kepada siswa sekolah. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan metode pengambilan sampel pada 103 responden menggunakan purposive sampling.&nbsp; Analisis regresi linier berganda dipergunakan untuk menganalisis hasil dan data penelitian. Dalam penelitian ini menemukan bahwa (1) literasi keuangan berdampak secara signifikan dan berdampak sangat baik terhadap keinginan untuk menabung, (2) uang saku tidak berdampak secara signifikan dan positif terhadap keinginan untuk menabung, dan (3) gaya hidup berdampak secara signifikan dan positif terhadap keinginan untuk menabung.</p> 2024-08-05T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4648 Analisis Potensi Start up Farhan Variasi Mobil dalam Usaha di Bidang Otomotif 2024-08-07T06:38:46+00:00 Ahmad Zaenul Arifin ahmadzaenularifin9@gmail.com Miftah Rakhmadian miftahrdian@gmail.com Melisa Wahyu Fandyansari melisawahyufandyansari@budiutomomalang.ac.id Deni Nugroho deninugrohosetyabudi@budiutomomalang.ac.id <p>Ekonomi kreatif merupakan bisnis yang banyak diminati pada saat ini oleh para wirausaha muda, salah satunya adalah bisnis yang akseroris atau variasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potensi <em>start up</em> ekonomi kreatif Farhan Variasi Mobil dalam usaha dibidang otomotif, dan juga bagaimana pengelolaan pada bisnis Farhan Variasi Mobil. Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bisnis <em>start up</em> Farhan Variasi Mobil dapat berpotensi lebih besar apabila memenuhi karakteristik pasar yang ada sekaligus, selalu <em>update</em> terhadap perubahan-perubahan pasar maupun jenis variasi keluaran terbaru, serta berusaha memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada untuk saat ini. Sebagai bisnis <em>start up</em> Farhan Variasi Mobil masih belum secara konsisten menerapkan fungsi manajemen seperti <em>planning, organizing, actuating, controlling</em> dalam binis pada umumnya. Dalam strategi pemasaran memlalui offline dan online terkadang pemasaran masih kurang maksimal, sebaiknya dibutuhkan tenaga pemasar yang lebih difokuskan ke pemasaran agar bisa menyerap pasar yang lebih luas. Farhan Variasi Mobil memiliki nama yang cukup besar di kalangan pelangan, hal ini dapat dilihat dari rating <em>google map</em> yang cukup tinggi dan kepercayaan pelangan yang cukup besar terhadap bengkel tersebut, manajemen bengkel yang masih kurang baik. Ancaman berasal dari pengusaha di bidang bisnis yang sama, dimana pemasaran yang terkadang pada saat waktu luang saja menjadikan bengkel mendapatkan ancaman yang lebih besar. Rencana pengembangan bisnis Farhan Variasi Mobil yang di usulkan, kiranya dapat memperbesar sakala usaha bisnis dengan mengunakan strategi kekuatan atau kelebihan yang ada, agar dalam pemanfaatan peluang ini menjadikan bisnis semakin berkembang untuk kedepanya.</p> 2024-08-05T17:09:29+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4696 Pengaruh Literasi Ekonomi, Literasi Digital Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa 2024-08-07T06:41:06+00:00 Andryo Darmanto andryo.umkm@gmail.com Putri Vina Sefaverdiana putrivisever89@gmail.com Miftah Rakhmadian miftahrdian@gmail.com <p>Aktivitas berwirausaha di Indonesia cenderung mengalami penurunan. Hal tersebut menunjukan perlunya menumbuhkan minat berwirausaha di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi, literasi digital dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Insan Budi Utomo Angkatan 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Sample dalam penelitian ini adalah 40 mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Insan Budi Utomo Angkatan 2020. Data kemudian uji kelayakannya dengan uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Sedangkan hipotesis diuji dengan uji regresi linier berganda, simultan, parsial dan determinasi. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial literasi ekonomi dan efikasi berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha, sedangkan literasi digital tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, Literasi Ekonomi, Literasi Digital dan Efikasi Diri berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Insan Budi Utomo Angkatan 2020.</p> 2024-08-05T17:10:52+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4701 Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dasar-dasar Akuntansi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Base Learning Pada Prodi Pendidikan Ekonomi 2024-08-07T06:50:17+00:00 Yulita Puji Harti ladyaribet@gmail.com Titik Purwati titikpurwati@uibu.ac.id Loesita Sari loesitasari@uibu.ac.id Mukarom Mukarom mukarom@uibu.ac.id <p>Berdasarkan pengalaman mengajar bertahun-tahun pada mata kuliah Dasar-dasar Akuntansi, terdapat hasil yang kurang menggembirakan. Rata-rata prestasi mahasiswa lima tahun terakhir&nbsp; terkategori rendah, pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah minim dan masih terdapatnya kepasifan mahasiswa di dalam ruang kuliah. Penelitian tindakan kelas ini&nbsp; bertujuan untuk&nbsp; meningkatkan proses dan hasil belajar mata kuliah Dasar-dasar Akuntansi. Rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) ini memadukan metode pembelajaran <em>Project Base Learning</em> dengan pendekatan kontekstual sehingga terdapat modifikasi langkah dari model PjBL yang murni. Dimana pada model PjBL&nbsp; dosen yang menyampaikan materi, tetapi pada metode ini mahasiswa membangun sendiri pemahamannya tentang satu materi sampai menyajikannya dalam bentuk presentasi materi disertai pemecahan masalah yang diberikan pada kelompok maupun individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa&nbsp; Proses Pembelajaran menjadi lebih aktif dibanding dengan menggunakan metode konvensional, dimana mahasiswa terlibat sejak awal mulai dari pencarian materi, presentasi sampai pembuatan project berbasis project secara kelompok maupun individu.Proses keaktifan mahasiswa juga meningkat dari siklus ke siklus.Hasil pembelajaran juga meningkat dari siklus ke siklus dimana pada siklus 1 mean 59,21 akhir siklus 3 rata-rata prestasi mahasiswa mencapai 78,88 .Hasil belajar dari siklus ke siklus juga menunjukkan perkembangan. Ini berarti metode pembelajaran <em>Project Base Learning</em> dengan pendekatan kontekstual berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Dasar-dasar Akuntansi&nbsp; di Prodi Pendidikan Ekonomi.</p> 2024-08-05T17:12:03+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4709 Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa 2024-08-07T07:12:44+00:00 Novia Sintawati noviasintawati272@gmail.com Novi Eko Prasetyo noviekoprasetyo@budiutomomalang.ac.id Melisa Wahyu Fandyansari melisawahyufandyansari@budiutomomalang.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi berwirausaha dan pengetahuan kewirausahaan, terhadap minat Bewirausahaan mahasiswa&nbsp;&nbsp; program studi pendidikan ekonomi&nbsp; Universitas Insan Budi Utomo Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 41 responden dari total 75 mahasiswa program studi pendidikan ekonomi tahun akademik 2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan rumus slovin. Teknik sampling pada penelitian ini adalah probability sampling dengan tipe Proportional Random Sampling. Data yang dipakai adalah data primer yang dikumpulkan melalui angket. Analisis data dilakukan dengan berbagai meliputi validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R Square), serta uji t dan uji F, dengan bantuan perangkat statistic SPSS Versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara terpisah variabel motivasi mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa, begitu juga dengan variabel pengetahuan kewirausahaan yang juga berdampak pada minat berwirausaha mahasiswa.</p> 2024-08-05T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4776 Manajemen Strategi berbasis CPS Untuk Meningkatkan Peran Guru Kelas Dalam Penanganan Masalah Siswa Sekolah Dasar 2024-08-13T13:21:06+00:00 Donna Avianty aviantydonna80@gmail.com Sari Mellina Tobing SariMellinaTobing@gmail.com <p style="text-align: justify;">Banyaknya permasalahan pribadi dalam diri anak didik yang dibawa ke sekolah, seperti masalah-masalah keluarga serta masalah sosial masyarakat di lingkungan sekitar peserta didik, yang dapat mengakibatkan kesulitan atau hambatan dalam pembelajaran. Namun permasalahan-permasalahan yang dialami atau di bawa oleh siswa ini, tidak mendapatkan penanganan dengan tepat, sehingga perilaku negatif atau permasalahan yang masih tertinggal terus dibawa oleh siswa dan dapat menghambat proses belajar siswa. Hal inilah yang melandasi pentingnya penerapan manajemen strategi berbasis <em>creative problem solving</em> (CPS) untuk dapat meningkatkan peran guru kelas dalam penanganan permasalahan siswa sekolah dasar dengan tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian, digunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Proses pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan wawancara. Inovasi penanganan masalah supaya sistematis, efektif, efisien dan berkesinambungan dapat dilakukan dengan menggunakan <em>creative problem solving</em>. Ada 6 tahapan yang dilakukan dalam penangan masalah dengan menggunakan <em>Creative Problem Solving</em>, yaitu: <em>Objective/Mess Finding, Fact Finding, Problem Finding, Idea Finding, Solution Finding</em> dan <em>Acceptance Finding</em></p> 2024-08-06T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4376 Eksplorasi Tantangan Kesehatan Mental Lulusan Baru: Studi Kesiapan Kerja 2024-08-13T13:35:12+00:00 Tsabitah Rahmahdiyyah 31421097.mhs@unusida.ac.id Wahyu Eko Pujianto wahyuekopujianto@gmail.com <p style="text-align: justify;">Tujuan dari studi kesehatan mental lulusan baru dalam kesiapan kerja ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental mereka selama masa transisi menuju dunia kerja, mengevaluasi dampak kesehatan mental terhadap adaptasi, produktivitas, dan kesuksesan karir, serta merancang intervensi yang tepat untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesiapan kerja. Perlunya penelitian ini digaris bawahi oleh fakta bahwa banyak perusahaan yang secara konsisten berusaha merekrut lulusan baru. Namun, kurangnya kesiapan diantara para lulusan baru sekarang berkontribusi pada meningkatnya jumlah pengangguran, seringkali karena kesehatan mental mereka. Hal ini termasuk tekanan untuk mendapatkan pekerjaan, adaptasi terhadap lingkungan kerja yang baru, perasaan tidak mampu atau tidak berharga, dan ketidakpastian akan masa depan. Para peneliti menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner yang telah disebarkan dan melakukan uji data dengan Smart PLS 4.0. Temuan dari penelitian kesehatan mental lulusan baru dalam studi kesiapan kerja ini menunjukkan bahwa kesehatan mental yang baik berhubungan dengan adaptasi yang lebih baik terhadap lingkungan kerja yang baru, peningkatan produktivitas, dan kepuasan kerja yang lebih tinggi. Studi ini menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti dukungan sosial, ketahanan, dan kapasitas untuk mengelola depresi, kecemasan, stres, dan religiusitas yang tinggi dapat mempengaruhi kesehatan mental dan kesiapan kerja</p> 2024-08-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4428 Tren Live Shopping: Pengaruh Customer Engagement, Perceived Emotional Value, dan Social Support terhadap Purchase Intention 2024-08-13T13:48:07+00:00 Lisa Charisa Batara Lisacharisab@gmail.com Catur Sugiarto CaturSugiarto@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini menguji hubungan antara <em>Customer engagement</em>, <em>Perceived emotional value</em>, dan <em>Social support </em>dengan niat pembelian (<em>Purchase</em><em> Intention</em>) menggunakan metode SEM-PLS 3. Hasil analisis menunjukkan bahwa <em>Customer engagement </em>(T Statistic 2.018, P value 0.044) dan <em>Perceived emotional value </em>(T Statistic 7.924, P value 0) berhubungan signifikan dan positif dengan niat pembelian, konsisten dengan penelitian sebelumnya. Sebaliknya, hubungan antara <em>Social support </em>dan niat pembelian tidak signifikan (T Statistic 1.077, P value 0.282). Penelitian ini menegaskan pentingnya <em>Customer engagement</em> dan <em>Perceived</em><em> emotional value </em>dalam mempengaruhi niat pembelian dibandingkan dengan <em>Social support</em></p> 2024-08-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4488 Determinan Kinerja Keuangan Kelompok Bank Modal Inti IV (Studi Kasus Penerapan Digital Banking) 2024-08-13T13:53:12+00:00 Justin Chrisdiouf d11200187@john.petra.ac.id Nanik Linawati NanikLinawati@gmail.com <div class="page" title="Page 5"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p style="text-align: justify;">Penelitian ini ditujukan untuk meneliti faktor-faktor penentu profitabilitas bank yang menerapkan <em>digital banking</em>. Bank yang dimaksud adalah bank anggota Kelompok Bank Modal Inti IV dari tahun 2007 hingga tahun 2022 yang memiliki modal inti lebih dari Rp70 triliun dan memiliki kemampuan paling besar untuk mengadopsi teknologi informasi dalam bentuk <em>digital banking</em>. Konsep yang digunakan untuk mengukur profitabilitas bank yang menerapkan <em>digital banking</em> antara lain likuiditas bank, efisiensi bank, <em>bank credit risk</em> dan <em>firm characteristic</em>. Proksi yang digunakan untuk mengukur profitabilitas yaitu <em>Return On Equity</em> dan <em>Net Interest Margin</em>, likuiditas bank menggunakan Capital <em>Adequacy Ratio</em> dan <em>Current Asset Saving Asset</em>, efisiensi bank menggunakan Beban Oprasional Pendapatan Operasional, <em>bank credit risk</em> menggunakan <em>Non Performing Loan</em> dan <em>firm characteristic</em> menggunakan <em>firm size</em>. Alat statistik yang digunakan untuk mengolah data yaitu analisa regresi linear berganda dengan software SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa likuiditas (CAR) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROE), efisiensi bank (BOPO) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (NIM), <em>bank credit risk</em> (NPL) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (NIM) dan <em>firm characteristic</em> tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.</p> </div> </div> </div> 2024-08-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4497 Evaluasi Harga Saham Ditinjau dari Rasio Keuangan pada Perusahaan Food and Beverage 2024-08-13T13:57:13+00:00 Dina Amelia Nur Laili din889962@gmail.com Ninik Mas'adah ninikmasadah6@gmail.com Guruh Marhaenis Handoko Putro guruhmhp@umla.ac.id Ira Megasyara iramegasyara@gmail.com <p style="text-align: justify;">Laba merupakan sumber pendapatan utama perusahaan, perusahaan dengan laba yang tinggi mengindikasikan bahwa harga saham juga akan meningkat, sehingga menjadi faktor utama yang dipertimbangkan oleh investor ketika membeli saham. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak empiris dari laba bersih, <em>current ratio, earning per share</em>, dan <em>price earnings ratio </em>terhadap harga saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana laba bersih, <em>current ratio, earning per share</em>, dan <em>price earnings ratio </em>mempengaruhi harga saham. Peneliti menggunakan data sekunder dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini mencakup seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI dari tahun 2018 hingga 2022. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 22 dan menggunakan 85 sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>variabel current ratio</em> berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Variabel <em>earning per share</em> berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham. Sedangkan variabel laba bersih dan <em>price earnings ratio </em>menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap variabel harga saham. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih berupa informasi bagi investor untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan berinvestasi di perusahaan <em>food and beverage</em>.</p> 2024-08-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4508 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Komitmen Sebagai Variabel Intervening di Pemerintah Kabupaten Magetan 2024-08-13T14:49:58+00:00 Anik Ratnasari anik.23131@mhs.unesa.ac.id Dewi Tri Wardoyo dewiewijayati@unesa.ac.id Anang Kistyanto anangkistyanto@unesa.ac.id <p style="text-align: justify;">Ada beberapa variabel yang menentukan apakah kinerja seorang karyawan dalam suatu bisnis meningkat atau memburuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai dengan menggunakan komitmen sebagai variabel intervening pada Pemerintah Kabupaten Magatan. Besar sampel penelitian ini adalah 89 orang, dan alat pengumpulan datanya adalah survei kuesioner. Temuan dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dan perangkat lunak Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai(T = 1.927, p &gt; 0,05), yang berarti hipotesis ditolak, ini menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan transformasional tidak terbukti memiliki dampak yang signifikan pada kinerja pegawai, (2) Analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Gaya Kepemimpinan dan Komitmen Organisasi (T = 3,910, p &lt; 0,05, (3) adanya pengaruh signifikan antara Budaya Organisasi dan Kinerja (T = 15,697, p &lt; 0,05) (4) adanya pengaruh yang signifikan antara Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi (T =3.861, p &lt; 0,05), (5) adanya pengaruh yang signifikan antara Komitmen Organisasi dan Kinerja (T = 3,501, p &lt; 0.05), (6) bahwa ada pengaruh tidak langsung yang signifikan dari Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja melalui Komitmen Organisasi (T = 2.110, p = 0,035, (7) Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh tidak langsung Budaya Organisasi terhadap Kinerja melalui Komitmen Organisasi adalah signifikan (T = 2,775, p = 0,006).</p> 2024-08-13T14:49:57+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4592 Pengaruh Kompetensi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Kerja pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan 2024-08-13T14:51:45+00:00 Henny Purwaning Rastuti henny.23104@mhs.unesa.ac.id Anang Kistyanto anangkistyanto@unesa.ac.id Dewie Tri Wardoyo dewiewijayati@unesa.ac.id <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pengaruh kompetensi dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, dengan memperhatikan peran motivasi kerja di Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Magetan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan melibatkan 74 pegawai sebagai sampel dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Data dihitung dengan SEM PLS dengan bantuan aplikasi Smart PLS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan, Kompetensi pegawai dan motivasi memengaruhi kinerja secara signifikan. Kepuasan kerja tidak memengaruhi kinerja, kompetensi pegawai tidak memengaruhi motivasi kerja. Kepuasan kerja berpengaruh terhadap motivasi kerja. Kompetensi pegawai tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja melalui motivasi kerja. Kepuasan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja melalui motivasi kerja</p> 2024-08-13T14:51:44+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4498 Mekanisme Green Accounting, Corporate Social Responsibility (CSR), Kinerja Lingkungan dan Kinerja Keuangan 2024-08-17T02:10:16+00:00 Maya Safitri mayasyafitri19@gmail.com Guruh Marhaenis Handoko Putro guruhmhp@umla.ac.id Suryani Yuli Astuti 9suryani1976.ya@gmail.com Ira Megasyara iramegasyara@gmail.com <p style="text-align: justify;">Kinerja keuangan merupakan alat untuk mengukur tingkat keuntungan dan pendapatan. Rendahnya jumlah perusahaan di Indonesia yang menerapkan <em>green accounting</em> dan <em>corporate social responsibility</em>, serta masih banyaknya perusahaan yang belum mendapatkan peringkat PROPER maupun yang mengikuti peringkat PROPER melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh <em>green accounting, corporate social responsibility, </em>dan kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan sektor energi periode 2018-2022. Populasi penelitian ini berjumlah 76 perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang mencakup pendekatan asosiatif, analisis regresi linier berganda, dan alat ukur SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial <em>green accounting</em> dan <em>corporate social responsibility</em> berpengaruh positif signifikan, sedangkan kinerja lingkungan tidak berpengaruh positif signifikan. Namun secara simultan, <em>green accounting, corporate social responsibility,</em> dan kinerja lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa perusahaan harus memprioritaskan kegiatan sosial dan lingkungan dalam kegiatan operasionalnya, sebagaimana ditentukan oleh kriteria penilaian kinerja lingkungan.</p> 2024-08-17T02:10:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4575 Dampak Literasi Keuangan dan Tingkat Pendapatan pada Minat Menabung (Studi Kasus: Masyarakat Dusun Ntundu, Desa Nanga Wera, Kec. Wera, Kab. Bima) 2024-08-17T02:14:38+00:00 Faturahma Ningsih faturahmaningsih198@gmail.com Risal Rinofah nurfah724@gmail.com Johannes Maysan Damanik nurfah724@gmail.com <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana literasi keuangan dan Tingkat pendapatan berdampak pada minat Masyarakat untuk menabung Dusun Ntundu, Desa Nanga Wera, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Penelitian menggunakan desain penelitian <em>Explanatory Research</em>, yang memungkinkan untuk mengeksplorasi hubungan antara variabel-variabel tersebut secara mendalam. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 80 orang masyarakat Dusun Ntundu, yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Prosedur pengambilan sampel ini dilakukan dengan mengedepankan acak sehingga setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi bagian dari sampel. Penggunaan rumus Slovin dalam penelitian ini memberikan kepastian bahwa ukuran sampel yang diambil mampu mencerminkan keragaman karakteristik populasi secara keseluruhan. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi keuangan berperan penting dalam mempengaruhi minat menabung masyarakat. Individu yang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep keuangan dan manajemen keuangan cenderung lebih termotivasi untuk menabung secara konsisten. Selain itu, tingkat pendapatan juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan individu untuk menabung. Pendapatan yang lebih tinggi memungkinkan untuk alokasi dana yang lebih besar ke dalam tabungan setelah memenuhi kebutuhan dasar. penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peningkatan literasi keuangan dan pendapatan sebagai strategi untuk mendorong minat menabung masyarakat. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku menabung, diharapkan dapat dirancang program-program edukasi dan kebijakan yang lebih efektif dalam mendukung stabilitas finansial dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah pedesaan seperti Dusun Ntundu</p> 2024-08-17T02:14:38+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4591 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS): Peran Mediasi Persepsi Kegunaan, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan (Studi Pada Karyawan di RS Dr. Oen Kandang Sapi Solo) 2024-08-17T05:20:08+00:00 Sellvy Dian Permatasari sellvydianp@student.uns.ac.id Salamah Wahyuni SalamahWahyuni@gmail.com <p style="text-align: justify;">Niat menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS) sangat penting untuk meningkatkan efisiensi layanan kesehatan. Studi menunjukkan bahwa niat ini dipengaruhi oleh persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, risiko, dan kepercayaan. Persepsi kegunaan dan kemudahan penggunaan adalah faktor utama yang mempengaruhi penerimaan teknologi. Walaupun SIM-RS memberikan banyak manfaat, penerapannya bisa gagal karena faktor internal dan eksternal organisasi. Penelitian ini bertujuan memahami bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi niat karyawan rumah sakit untuk menggunakan SIM-RS, sehingga manajemen dan pengembang TI dapat mengatasi kendala dalam implementasi. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan survei dan pendekatan <em>cross-sectional</em> untuk mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat menggunakan SIM RS di RS Dr. Oen Kandang Sapi Solo. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 449 responden. Uji hipotesis menggunakan SEM-PLS dengan aplikasi SmartPLS dengan signifikansi 5%. Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan memiliki efek positif terhadap niat menggunakan SIM-RS, sedangkan persepsi risiko memiliki efek negatif. Pengaruh kemudahan penggunaan terhadap niat juga terjadi dengan jalur tidak langsung melalui persepsi kegunaan dan risiko. Kepercayaan dapat mengurangi dampak negatif persepsi risiko, sehingga meningkatkan niat menggunakan SIM-RS.</p> 2024-08-17T05:20:08+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4392 Menilai Dampak Kualifikasi Akademik dan Motivasi Kerja Berkenaan dengan Kinerja Pekerja Generasi Z 2024-08-24T09:57:02+00:00 Ni Wayan Lasmi wayanlasmi@undiknas.ac.id Komang Widhya Sedana Putra P Komang_Widhya@gmail.com Ni Made Desak Sukarnasih SukarnasihDesak@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini mengkaji bagaimana kualifikasi akademik dan tingkat motivasi karyawan Generasi Z di Kota Denpasar mempengaruhi kinerja mereka. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menargetkan populasi Generasi Z di kota tersebut. Sampel representatif dipilih menggunakan rumus Slovin untuk sampling acak sederhana, sehingga hasilnya lebih mewakili populasi melalui luas. Pengumpulan data dilaksanakan melalui kuesioner dengan skala Likert, memungkinkan evaluasi tentang korelasi antara kualifikasi akademik, motivasi, dan kinerja kerja karyawan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS, yang memungkinkan penerapan berbagai teknik analisis statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualifikasi akademik memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kinerja kerja karyawan. Demikian pula dengan motivasi kerja, yang juga menunjukkan efek positif dan signifikan terhadap kinerja. Selain itu, temuan menunjukkan bahwa pengaruh gabungan antara kualifikasi akademik dan motivasi kerja melalui signifikan memengaruhi kinerja karyawan. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi manajemen sumber daya manusia, menyoroti pentingnya mempertimbangkan faktor-faktor ini dalam merancang kebijakan dan strategi untuk meningkatkan kinerja karyawan Generasi Z. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi dasar bagi penelitian lebih lanjut dalam memahami dinamika hubungan antara kualifikasi akademik, motivasi, dan kinerja kerja dalam konteks yang lebih luas.</p> 2024-08-19T07:04:38+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4550 Implementasi Manajemen Penjualan Berbasis CMS Menggunakan Si-Salman Dalam Meningkatkan Penjualan di Kadounik_tegal 2024-08-19T07:05:40+00:00 Shafa Fuadha shafafuadha2205@gmail.com Andri Widianto andri_widi@poltektegal.ac.id <p style="text-align: justify;">Ditengah pengaruh globalisasi yang serba instan ini pelaku UMKM perlu beradaptasi dengan sistem digitalisasi untuk perkembangan usahanya. Penggunaan sistem informasi dalam proses transaksi penjualan dapat mempercepat pengolahan data transaksi menjadi informasi sehingga dapat meningkatkan penjualan. Dengan menerapkan Si-Salman (Sistem Informasi <em>Sales Management)</em> pada manajemen penjualan di Kadounik_tegal dapat menjangkau pasar yang lebih luas sehingga omset penjualannya dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan dan pengumpulan data melalui teknik wawancara dengan pihak Kadounik_tegal, observasi langsung, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penjualan yang ada di Kadounik_tegal belum terintegrasi satu dengan lainnya. Dengan mengimplementasikan Si-Salman di Kadounik_tegal menjadikan proses bisnis yang lebih efisien sehingga meningkatkan omset penjualan Kadounik_tegal.</p> 2024-08-19T07:05:40+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4634 Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Perencanaan Dana Pensiun Dengan Keputusan Investasi Sebagai Variabel Mediasi Pada Guru PNS SD Di Kabupaten Magetan 2024-08-21T07:20:13+00:00 Sony Ilham Prabowo sony.23081@mhs.unesa.ac.id Nadia Asandimitra Haryono nadiaharyono@unesa.ac.id Ulil Hantono ulilhartono@unesa.ac.id <p style="text-align: justify;">Untuk mengeksplorasi pengaruh literasi keuangan dan pengelolaan keuangan terhadap perencanaan dana pensiun pada guru PNS SD di Kabupaten Magetan, dengan keputusan investasi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menerapkan metode penelitian konklusif dengan pendekatan kausalitas dan mengumpulkan data primer melalui kuesioner. sampell pelnellitian ini adalah selbanyak 324 Guru PNS SD di Pelmelrintah Daelrah Kabupateln Mageltan. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebuah literasi keuangan dikatakan tidak berpengaruh langsung terhadap suatu perencanaan pensiun, namun pengelolaan keuangan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perencanaan pensiun. Keputusan investasi juga berperan sebagai variabel mediasi antara pengelolaan keuangan dan perencanaan pensiun.</p> 2024-08-21T07:20:12+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4396 Implementasi Program K3 Dalam Upaya Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan Maintenance Pembangkit Listrik 2024-08-21T12:52:28+00:00 Mamun Sutisna mamun.sutisna@polban.ac.id Yayan Firmansyah yayan.firmansyah@polban.ac.id Nourma Yunita Aprilia nourma.yunita.abs21@polban.ac.id <p style="text-align: justify;">Perusahaan kontraktor jasa merupakan perusahaan yang memiliki potensi serta resiko bahaya yang cukup tinggi terhadap kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap produktivitas kerja pada proyek pekerjaan maintenance pembangkit listrik di PT. Hafila Daya Utama. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan menggunakkan data primer dalam pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakkan <em>non-probability sampling</em> dengan sampel jenuh, sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 136 responden. Analisis data dilakukan menggunakkan aplikasi smartPLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT Hafila Daya Utama.</p> 2024-08-21T12:52:27+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4644 Tembus hingga 35 juta Penonton: Strategi Konten Iklan pada Instagram Reels dalam meningkatkan Brand Engagement OPPO A60 Sebagai Handphone Terkuat di Bumi. 2024-08-24T13:20:41+00:00 Farhan Muhammad Achdiat farhan22014@mail.unpad.ac.id Cecep Safa'atul Barkah cecep.barkah@unpad.ac.id Iwan Sukoco iwan.sukoco@unpad.ac.id Nurillah Jamil Achmawati Novel nurillah@unpad.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan dalam konten iklan OPPO A60 di Instagram untuk meningkatkan brand engagement. Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan teknologi digital yang mengubah cara perusahaan berkomunikasi dan memasarkan produk melalui media sosial. Permasalahan yang diidentifikasi adalah bagaimana strategi konten iklan berkontribusi dalam meningkatkan keterlibatan merek. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif, mengumpulkan data dari wawancara, analisis konten iklan dan studi literatur. Analisis data menunjukkan bahwa elemen visual yang kuat dan Copywriting yang menggugah dalam konten iklan OPPO A60, pemanfaatan fitur interaktif Instagram seperti Reels, lalu berkolaborasi dengan KOL yang relevan, mengoptimalkan waktu posting, dan menggunakan pendekatan AIDA telah efektif dalam mencapai jangkauan yang luas dan tingkat keterlibatan yang tinggi. Hasil penelitian mendukung literatur sebelumnya yang menegaskan efektivitas media sosial dalam meningkatkan brand engagement. Kesimpulannya, strategi komunikasi pemasaran yang kreatif dan interaktif sangat penting untuk memanfaatkan media sosial dalam meningkatkan kesadaran merek dan keterlibatan konsumen.</p> 2024-08-24T13:20:40+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4657 Strategi Pengembangan UMKM Kelompok Wanita Jahit Tanjung Perak Berdaya 2024-08-24T13:21:46+00:00 Beti Nur Hayati betinurhayati12@gmail.com Andy Yudha Hutama andy.hutama@pertamina.com Ita Puspitasari Ita.puspitasari2202@gmail.com Nuril Nuril Khatulistiyawati Nurilkhat@gmail.com <p style="text-align: justify;">UMKM merupakan salah satu cara untuk mengatasi pengangguran. Salah jenis UMKM yang eksis adalah kelompok wanita jahit. Kelompok ini memiliki posisi yang strategis dan unik. Kelompok ini mencerminkan keterampilan dan kreativitas perempuan Indonesia serta merupakan bentuk pemberdayaan ekonomi perempuan yang dapat meningkatkan kesejahteraan, terutama bagi keluarga dan masyarakat sekitar Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi strategi pengembangan UMKM Kelompok Wanita Jahit Perak Berdaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 4 straegi yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Jahit Perak Berdaya dalam mengembangkan usahanya. Pertama adalah penguatan modal. Strategi kedua adalah penguatan legalitas usaha. Strategi ketiga adalah pengembangan ketrampilan teknis dengan melakukan pelatihan bekerja sama dengan lembaga professional sehingga mereka mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan baru. Strategi ke-empat adalah peluasan akses pasar.</p> 2024-08-24T13:21:45+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4682 Pengembangan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Kab. Malang 2024-08-24T13:25:19+00:00 Diana Putri Widya Bintari sonelfbbc@gmail.com Miftah Rakhmadian miftahrdian@gmail.com Titik Purwati titikpurwati62@gmail.com Haris Amrullah harisamrullah20@gmail.com <p style="text-align: justify;">Digitalisasi dalam media pembelajaran saat ini sangat diperlukan. Hal ini berguna untuk menbangkitkan motivasi belajar peserta didik, agar saat dilaksanakannya proses belajar&nbsp; mengajar peserta didik tidak merasa bosan dan mampu memperhatikan dengan seksama materi yang dijelaskan oleh pendidik. <em>Wordwall</em> adalah media pembelajaran berbasis online yang menghadirkan banyak template <em>game</em> untuk menunjang kreativitas pendidik dalam memberikan materi dan latihan soal dengan interaktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Wordwall pada mata pelajaran PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) di&nbsp; Kelas XI SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo. Metode yang digunakan adalah <em>Reserch and Development</em> (R&amp;D) , dengan prosedur pengembangan yang dipakai adalah model pengembangan ADDIE dengan tiga tahapan yaitu Analisis, Desain dan Pengembangan. Terdapat satu orang validator ahli media dan satu orang validator ahli materi yang menguji dengan menggunakan instrumen angket. Ditemukan hasil bahwa pengembangan media pembelajaran oleh peniliti dinyatakan “Layak” dengan presentase 81% dalam informasi materi dan “Sangat Layak”&nbsp; dengan presentase 96% dalam keseluruhan desain media.</p> 2024-08-24T13:25:19+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4673 Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Tingkat Pertumbuhan Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi 2024-08-27T06:53:23+00:00 Egananda Septian Nugraha egananda121@gmail.com Nadia Asandimitra Haryono nadiaharyono@unesa.ac.id Ulil Hantono ulilhartono@unesa.ac.id <p style="text-align: justify;">Kebijakan dividen yang berkaitan dengan distribusi keuntungan kepada pemegang saham sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak rasio profitabilitas, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan dividen, dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Variabel independen dalam studi ini mencakup profitabilitas yang diukur dengan return on equity, likuiditas yang diukur dengan current ratio, dan pertumbuhan perusahaan yang diukur dengan pertumbuhan aset. Ukuran perusahaan, yang diproksikan dengan total aset, berfungsi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini mencakup periode dari tahun 2018 hingga 2021, dengan sampel sebanyak 12 perusahaan dari indeks saham High Dividend 20 di Bursa Efek Indonesia yang dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen, sementara pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan. Ukuran perusahaan dapat memoderasi pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap kebijakan dividen, tetapi tidak memoderasi pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan dividen. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi investor dalam pengambilan keputusan investasi, terutama bagi yang mengutamakan dividen, serta bagi perusahaan dalam merumuskan kebijakan finansial terkait pembagian dividen.</p> 2024-08-27T06:53:22+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4683 Pengaruh Efisiensi Investasi dan Risiko Keuangan terhadap Nilai Perusahaan : Peran dari Ceo Power di Indonesia 2024-08-27T06:54:18+00:00 Tabah Rizki tabah.rizki05@gmail.com Sindhunata Kurniawan SindhunataKurniawan@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efisiensi investasi, risiko keuangan terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi peran CEO power. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 1990 perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2019-2023 dengan total observasi sebanyak 398 perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa efisiensi investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. kemudian, risiko investasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian juga menemukan CEO power yang kuat melengkapi hubungan ini dan meningkatkan nilai perusahaan dari efisiensi investasi dan risiko keuangan. Temuan ini berimplikasi bahwa CEO Power memiliki koherensi yang lebih kuat dengan perusahaan, dan oleh karena itu, mereka cenderung meningkatkan aktivitas efisiensi investasi dan mengelola risiko keuangan untuk meningkatkan nilai perusahaan.</p> 2024-08-27T06:54:18+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4736 Pengembangan E-Modul dengan Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kendedes Kota Malang 2024-08-27T06:55:59+00:00 Eva Rayi Artania bintangq.rbr@gmail.com Miftah Rakhmadian miftahrdian@gmail.com Putri Vina Sefaverdiana putrivisever89@gmail.com Haris Amrullah harisamrullah20@gmail.com <p style="text-align: justify;">E-modul merupakan modul versi elektronik yang digunakan sebagai sarana pembelajaran, berisi materi, metode, batasan dan cara penilaian yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil pengembangan e-modul berbasis <em>Flip PDF Corporate Edition </em>pada pelajaran IPS Paket B setara SMP/MTS di PKBM Kendedes Malang, (2) Kelayakan e-modul (modul elektronik) berbasis&nbsp; <em>Flip PDF Corporate Edition</em>. Metode penelitian ini adalah R&amp;D dengan model pengembangan 4D menggunakan empat tahapan (<em>define, design, develop, disseminate</em>), namun karena keterbatasan watu penelitian, maka peneliti hanya&nbsp; melaksanakan sampai tahap ke-3 yaitu <em>develop</em>. Validasi <em>e-modul</em> melibatkan 1 orang ahli media dan satu orang ahli materi. Objek penelitian berupa <em>e-modul</em> IPS. Instrumen yang digunakan untuk kelayakan <em>e-modul</em> meliputi lembar validasi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukan : (1) Hasil e-modul yang sudah dibuat berupa link berbentuk online mencakup materi IPS Paket B setara SMP/MTS; (2) <em>E-modul</em> dengan nilai ahli media sebesar 85% dan ahli materi sebesar 88%. hal ini mengimplikasikan bahwa <em>e-modul</em> hasil penelitian dapat digunakan dalam pembelajaran.</p> 2024-08-27T06:55:58+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4697 Analisis Faktor Keberhasilan dan Penghambat Edupreneurship Business Center "Moekamart" SMK Muhammadiyah Karangmojo 2024-08-30T14:29:22+00:00 Kartikaningsih Kartikaningsih 2308049030@webmail.uad.ac.id Muhamad Tito Purnomo 2308049032@webmail.uad.ac.id Sri Mulyani 2308049028@webmail.uad.ac.id Yoga Sahria 2308049036@webmail.uad.ac.id Tri Kuat tri.kuat@mpgv.uad.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini menganalisis faktor keberhasilan dan penghambat dalam pengembangan edupreneurship di Business Center "Moekamart" SMK Muhammadiyah Karangmojo. Transformasi dari koperasi siswa menjadi minimarket modern pada awal tahun 2019 ditinjau dari berbagai aspek yang mempengaruhi kinerjanya. Keberhasilan Moekamart diidentifikasi melalui perubahan menjadi toko ritel modern dengan dukungan mesin kasir POS (point of sales), yang meningkatkan efisiensi dan penampilan profesional. Selain itu, perluasan target pasar dari hanya warga sekolah ke masyarakat umum, meskipun belum maksimal, turut berkontribusi pada peningkatan omzet. Namun, penelitian ini juga mengungkap beberapa faktor penghambat, seperti rendahnya jumlah konsumen dari masyarakat umum yang disebabkan oleh persaingan dengan toko ritel besar lainnya di Karangmojo, serta harga produk yang kurang bersaing. Tambahan kebijakan potongan wajib pembelian bagi guru dan karyawan juga diidentifikasi sebagai salah satu kendala operasional. Penelitian ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan lebih lanjut dan strategi peningkatan kinerja Moekamart di masa depan.</p> 2024-08-30T14:29:21+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4713 Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan di Kabupaten Magetan melalui Disiplin Kerja 2024-08-30T14:30:13+00:00 Ikhsan Badra Abiwara ikhsan.23130@mhs.unesa.ac.id Dewie Tri Wardoyo dewiewijayati@unesa.ac.id Anang Kistyanto anangkistyanto@unesa.ac.id <p style="text-align: justify;">Upaya untuk meningkatkan kinerja pegawai tidak mudah. Pegawai memiliki berbagai keterampilan dan cara berpikir. Keberagaman kemampuan dan sikap membuat kinerja pegawai berbeda. Untuk memastikan bahwa sumber daya manusia (SDM) berkontribusi sebesar mungkin untuk kemajuan organisasi, manajemen harus mampu mengaturnya dengan baik. Menanamkan dan menerapkan budaya organisasi adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kinerja pegawai. Hasil pengamatan menunjukkan adanya beberapa permasalahan seputar budaya organisasi yang kurang diterapkan secara baik oleh pegawai dan disiplin kerja pegawai yang cenderung rendah sehingga berpotensi membuat kinerja pegawai juga semakin rendah yang perlu dikaji secara mendalam. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksplanatoris karena bentuk penelitian yang dilakukan untuk menguji suatu hipotesis. Tempat penelitian terdiri dari 27 kelurahan di Kabupaten Magetan dengan 113 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekompakan tim kerja menjadi budaya organisasi; apresiasi bagi pegawai yang disiplin, keteladanan pimpinan dalam menjaga disiplin kerja, serta loyalitas menjadi variabel penting dalam upaya peningkatan disiplin kerja.</p> 2024-08-30T14:30:13+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4471 Pendidikan Ekonomi Pada Gen Z: Analisis Kebutuhan Desain Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Kewargaan Ekonomi Calon Guru Sekolah Dasar 2024-08-30T22:54:31+00:00 Panut Setiono setiono.pgsd@unib.ac.id Yuli Amaliyah yuli_amaliyah@unib.ac.id Ike Kurniawati ikekurniawati@unib.ac.id Yusnia Yusnia yusnia92@unib.ac.id <p style="text-align: justify;">Pendidikan ekonomi bagi Generasi Z Calon Guru SD penting untuk mempersiapkan menghadapi tantangan tersebut dengan membekali pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran pendidikan ekonomi yang adaptif bagi generasi ini guna meningkatkan literasi kewargaan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain pembelajaran yang memudahkan proses belajar mengajar, sehingga Generasi Z yang merupakan calon Guru SD memiliki literasi kewargaan ekonomi yang memadai untuk menghadapi tantangan ekonomi global. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Dick, Carey &amp; Carey (2009) yang terdiri dari tujuh langkah untuk analisis kebutuhan pengembangan desain pembelajaran. Hasil penelitian yang dihasilkan berupa strategi pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model <em>Project Citizen</em> yang berfokus pada pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan nilai- nilai demokrasi. Materi pembelajaran dikembangkan dalam bentuk mobile learning, memanfaatkan teknologi yang relevan dengan karakteristik digital native dari Generasi Z. Implementasi mobile learning diharapkan dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan desain pembelajaran ekonomi yang adaptif untuk meningkatkan literasi kewargaan ekonomi calon guru SD, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan ekonomi global.</p> 2024-08-30T22:54:31+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/ecoducation/article/view/4779 Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, Locus Of Control dan Income Terhadap Financial Management Behavior (Studi Kasus pada ASN di Kabupaten Magetan) 2024-09-01T09:43:57+00:00 Arif Fera Damaiyanti arif.2308@mhs.unesa.ac.id Nadia Asandimitra Haryono nadiaharyono@unesa.ac.id Ulil Hartono ulilhartono@unesa.ac.id <p style="text-align: justify;">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana pengetahuan keuangan, sikap keuangan, <em>locus of control</em>, dan pendapatan berdampak pada tindakan pengelolaan keuangan pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Magetan. Metode <em>purposive sampling</em> digunakan untuk meneliti ASN Non Guru dengan pendapatan dari gaji dan TPP. Kuesioner dikirim ke 317 orang secara <em>online</em> dan <em>offline</em>. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan <em>Structural Equation Modeling</em> (SEM) pada program AMOS. Hasilnya menunjukkan bahwa pengetahuan tentang keuangan, sikap keuangan, <em>locus of control</em>, dan pendapatan memengaruhi tindakan pengelolaan keuangan. Sebagian besar responden berusia di atas 30 tahun, memiliki pendapatan tetap antara Rp.4.500.000 dan Rp.6.900.000, dan sudah menikah, yang menunjukkan pola pikir yang baik tentang membuat keputusan keuangan. Dengan pengetahuan keuangan, responden selektif dalam pengeluaran dan membandingkan produk lembaga keuangan dan investasi yang sesuai dengan pendapatan mereka. Dengan pendapatan tetap yang tidak terlalu besar, responden cenderung lebih bertanggung jawab dan mengutamakan kebutuhan daripada keinginan dalam pengeluaran mereka.</p> 2024-09-01T09:43:57+00:00 ##submission.copyrightStatement##