PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PERMAINAN FUTSAL MELALUI METODE TGT PADA SISWA KELAS X DI SMA SELAMAT PAGI INDONESIA KOTA BATU
Abstract
Pendidikan jasmani sebagai bagian integral dari pendidikan dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan jasmani harus diarahkan pada pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Tujuan pendidikan jasmani bukan aktivitas jasmani, tetapi bagaimana mengembangkan seluruh potensi siswa melalui aktivitas jasmani. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui metode TGT dalam permainan futsal. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu yang terdiri dari25orang siswa. Dalam pelaksanaan TGT pembagian kelompok dilakukan dengan dua cara: cara pertama kelompok berdasarkan gender, cara kedua kelompok dicampur antara putra dan putri. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama menunjukkan bahwa aspek afektif tentang keaktifan masih diperlukan perbaikan, sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus 2. Pada siklus 2 sudah menunjukkan hasil yang optimal sehinggatidak diperlukan lagi siklus berikutnya. Karena pada siklus 2 sudah meningkat. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TGT dapatmeningkatkan keaktifan siswa SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Meningkatnya keaktifan siswa juga akan mempengaruhi pola belajar siswa dalam mencapai tujuan baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor
References
Khohar, Abdul. 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Team Game Tournament pada Permainan Futsaldalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas IX G SMP Negeri 2 Gubug Semester 2 Tahun Pelajaran 2007/2008. PPS Pendidikan Olahraga. Universitas Negeri Semarang.
Nursaori, Ferdianka. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teamgame Tournamen) Terhadap Hasil Belajar Lay Up Shoot dalam Permainan Futsal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. UPI: Bandung.
Pidarta, Made. 2012. AnalisaData Penelitian-Penelitian Kualitatif dan Artikel. Surabaya: Unesa University Press.
Sardiman. M.A. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sutikno,S.2007.PeranPenelitidalamMembangkitkanMotivasiBelajarSiswa.(On Line)http://jurnal-online.um.ac.id. Diakses 28 April 2016.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.