ANALISIS INTERAKSI TEMAN SEBAYA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN NGARINGAN 05 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi teman sebaya pada peserta didik mengenai aspek-aspek antara lain: 1) Kelekatan pertemanan; 2) Posisi anak dalam kelompok sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini mengakatakan bahwa ada beberapa indikator interaksi teman sebaya yang masih perlu diperhatikan untuk ditingkatkan antara lain: 1). bercerita kepada teman jika dimarahi orangtua yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,5; 2) teman-teman suka mengejek yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,8; 3) mempunyai geng di sekolah yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,8; 4). tidak takut mengejek orang yang lebih dewasa ketika bersama teman-temanmemperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,3; 5) mengikuti ajakan teman-teman karena takut dijauhi yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,6; 6) ketika istirahat lebih senang di kelas yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 2; 7) hanya bermain dengan teman yang dekat dengan saja yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,8; 8), ketika istirahat saya lebih senang di kelas yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 2; 9) teman-teman memilih menjadi ketua jika mendapatkan tugas kelompok yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 2; 10) suka bermain sendiri di sekolah yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,4; 11) teman-teman suka mengejek yang memperoleh poin di bawah rata-rata yatu 1,8; 12) teman-teman mengajak menjadi anggota kelompok yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 2,7.
References
Desmita. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya
John W. Santrock. (2002). Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Penerjemah: Juda Damanik, dkk. Jakarta: Erlangga.
Purwitasari, Y. (2011). Pengaruh Negative Hubungan Interaksi Social Dalam Kelompok Teman Sebaya (Gang) Di Sekolah, (Online) Diakses Tanggal 2 Juni 2015. Http://Ayussoulimage.Blogspot.Com/2011/04/Pengaruh-Negative-Hubungan-Interaksi.Html
Salam, B. (2002). Pengantar Pedagogik Dasar-Dasar Ilmu Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.
Syamsu, Y. (2006). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.