PENGARUH UMPAN TETAP DAN UMPAN BERUBAH TERHADAP AKURASI SMASH DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS SMK PENERBANGAN SINGOSARI 2016/2017
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Rancangan atau desain yang digunakan eksperimen 1 dan eksperimen 2 dengan pola one group pretest and posttesdesign. Dalam penelitian ini, jumlah sampel penelitian diambil dari seluruh populasi, yaitu 15 kelompok eksperimen 1 dan 15 kelompok eksperimen 2 dengan jumlah 30 siswa. Berdasarkan perhitungan hasil analisis data, dapat dikemukakan kesimpulan, bahwa: (1) Ada pengaruh latihan umpan tetap terhadap akurasi forehand smash. Hal ini terbukti berdasarkan hasil kelompok eksperimen nilai ttes = 9,556 > ttabel = 2,145, (2) Ada pengaruh latihan umpan berubah terhadap akurasi forehand smash. Hal ini terbukti berdasarkan nilai kelompok eksperimen nilai tes = 15,877 > ttabel = 2,145, (3) Ada perbedaan antara pengaruh latihan umpan tetap dan latihan umpan berubah terhadap peningkatan akurasi forehand smash hal tersebut terbukti nilai uji-t beda mean t-test = 25,65, sedangkan nilai t-tabel adalah adalah ts0,95 = 1,70 dan ts0,99 =2,47 dengan d.b. 28. Dari hasil analisis data di atas, diketahui bahwa nilai ttest = 25,65 >nilai ts0,95 = 1,70 dan ts0,99 = 2,47.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010 . ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.
Sajoto, M. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suhendro, Andi. 2007. Dasar-Dasar Kepelatihan. Jakarta: Universitas
Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.
Sumarnno, T. Muhtar. 2007. Bulu Tangkis (Mata Kuliah Pilihan 1). Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.
M Tohar, 1992. Olahraga Pilihan Bulutangkis. IKIP Semarang. Semarang
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.