PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN PASSING ATAS BOLAVOLI DI SMK AL HUDA WAJAK MALANG
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan model latihan passing atas pada siswa peserta bolavoli putra di SMK Al-Huda Wajak Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk ahli materi dan pedagogik, serta guru dengan kualifikasi meliputi satu ahli materi dan pedagogik, guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMK Al-Huda Wajak Malang untuk melakukan uji coba kelompok kecil (tahap I) sebanyak 10 siswa dan uji coba kelompok besar (tahap II) sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian ini diperoleh hasil validasi ahli materi dan pedagogik untuk kelayakan produk awal diperoleh prosentase sebesar 88,89% dengan kriteria baik yang berarti layak digunakan. Hasil uji coba kelompok kecil (tahap I) adalah 96,81% dengan kriteria sangat baik yang berarti sangat layak digunakan. Kemudian, untuk hasil uji coba kelompok besar (tahap II) adalah 97,77% dengan kriteria sangat baik yang berarti sangat layak digunakan.
References
Budiwanto, S. 2004. Pengetahuan dasar melatih Olahraga. Malang: Depdiknas Universitas Negeri Malang
M. Riza Pranopik. 2017. Pengembangan variasi latihan smash bolavoli
M TaufiqHidayat. 2015.Peningkatan kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli melalui latihan passing bawah duduk berdiri pada bangku dan passing bawah dengan berjalan pada siswa kelas VI SDN Tanggul wetan 01 Jember
Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal PMPTK. 2009. Pengembangan Bahan Ajar (Modul). Bahan TOT Calon Pengawas dan Kepala Sekolah. Jakarta: Depdiknas
Winarno, M.E. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Jasmani, Program Pasca Sarjana, IKIP Budi Utomo Malang.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.