Pematuhan Maksim Leech pada Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MA Sunan Bonang Mojojejer
Abstract
Penelitian berjudul Pematuhan Maksim Leech pada Interaksi guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MA Sunan Bonang Mojojejer merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui prinsip kesantunan Leech siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MA Sunan Bonang. Penelitian ini menggunakan kajian pragmatik karena berusaha menelaah makna ungkapan penutur kepada mitra tutur sesuai konteks. Penelitian ini mengkaji pematuhan kesantunan menurut maksim Leech. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah ujaran atau tuturan siswa dalam kelas bahasa Indonesia yang mengandung kesantunan menurut prinsip Leech. Sumber data penelitian ini merupakan tuturan siswa kelas X IPS MA Sunan Bonang yang berjumlah 25 orang. Data penelitian ini diperoleh dari tuturan siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Pengumpulan data penelitian ini dengan cara teknik simak, teknik catat, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan peneliti pada penelitian ini dengan cara klasifikasi data, analisis data, dan menyimpulkan data hasil analisis. Hasil penelitian ini berupa kepatuhan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang terbagi menjadi beberapa kategori, (1) maksim kebijaksanaan, (2) maksim kedermawanan, (3) maksim penghargaan, (4) maksim kesederhanaan, (5) maksim permufakatan, dan (6) maksim simpati.