Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tolitoli

  • Sri Sudaryati Universitas Madako
  • Andi Muhammad Abrar Universitas Madako
Keywords: Keterampilan Menyimak, Teks Biografi, Model Pembelajaran Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model penggunaan pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar keterampilan menyimak teks biografi siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di SMA Negeri 1 Tolitoli. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif true eksperimental  design. Penelitian ini diterapkan pada peserta didik kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas, Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, test berupa pre test dan post test, serta dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini setelah melakukan model pembelaran project based learning yaitu terdapat peningkatan terhadap hasil belajar dari keterampilan menyimak siswa pada materi teks biografi di kelas X A yaitu kelas eksperimen, artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui keterampilan menyimak teks biografi pada pelajaran bahasa indonesia peserta didik kelas eksperimen yaitu kelas X A di SMA Negeri 1 Tolitoli.

Published
2024-05-31
Abstract viewed = 54 times
pdf downloaded = 50 times