Analisis Margin Pemasaran Perkebunan Tanaman Cengkeh dalam Meningkatkan Pendapatan Petani di Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli

  • Hariani Hanapi Universitas Madako
  • Fitri S. Kasim Universitas Madako
  • Maskur Maskur Universitas Madako

Abstract

Penelitian ini, tujuan penelitian yang ingin dicapai untuk mengetahui margin pemasaran perkebunan tanaman cengkeh yang diterima oleh keseluruhan pihak yang terlibat dalam pemasaran cengkeh di Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Lokasi tersebut dipilih dengan sengaja (purposive), karena daerah ini memiliki luas panen dan produksi tertinggi di Kabupaten Tolitoli. Jumlah keseluruhan sampel petani yang diambil 52 orang petani, dengan kriteria pengambilan sampel lama bertani dan luas lahan. Model analisis yang digunakan adalah analisis margin pemasaran. Hasil saluran satu Rp.5.101, saluran dua Rp. 5.086 dan saluran tiga Rp. 5.958 nilai margin tersebut menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang menguntungkan bagi petani adalah saluran tiga.

Published
2024-05-31
Abstract viewed = 53 times
pdf downloaded = 49 times