HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PELATIHAN DENGAN SELF CONFIDENCE PERAWAT DALAM MENERAPKAN EARLY WARNING SCORE DI RUANG RAWAT INAP RSUD ANUNTALOKO KABUPATEN PARIGI MOUTONG PROVINSI SULAWESI TENGAH

  • A.A. Arin Indah Dewi Universitas Widya Nusantara
  • Afrina Januarista Universitas Widya Nusantara
  • Masri Dg. Taha Universitas Widya Nusantara
Keywords: EWS, Pelatihan, Pengetahuan, Self Confidence

Abstract

Latar Belakang : Pengetahuan dan pelatihan tentang EWS dapat meningkatkan self confidence perawat dalam menerapkan EWS, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisi apakah ada hubungan pengetahuan dan pelatihan dengan self confidence perawat dalam menerapkan early warning score di ruang rawat Inap RSUD Anuntaloko Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah.

Metode : Jenis penelitian kuantitatif, berdesain survei analitik, menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian yaitu perawat di ruang rawat Inap RSUD Anuntaloko sejumlah 60 orang terdiri dari ruangan cemara, eboni, agastis, dan akasia. Sampel berjumlah 49 responden dengan pengambilan cluster sampling.

Hasil Penelitian : Dari 49 responden, sebagian besar pengetahuan perawat cukup sebanyak 20 responden (40,8%) dan sebagian kecil kurang sebanyak 12 responden (24,5%). Sebagian besar responden pernah mengikuti pelatihan tentang EWS sebanyak 33 responden (67,3%). Sebagian besar responden memiliki self confidence tinggi sebanyak 28 responden (57,1%). Hasil analisis uji chi-square, terdapat hubungan pengetahuan dengan self confidence perawat dalam menerapkan EWS Di Ruang Rawat Inap Rsud Anuntaloko Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah dengan p value 0.034 <0.05. Hasil analisis uji chi-square, terdapat hubungan pelatihan dengan self confidence perawat dalam menerapkan EWS Di Ruang Rawat Inap Rsud Anuntaloko Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah dengan p value 0.004 <0.05.Kesimpulan : Ada hubungan pengetahuan dan  pelatihan dengan self confidence perawat dalam menerapkanearly warning score Di Ruang Rawat Inap Rsud Anuntaloko Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah.Saran : Bagi UPTD rumah sakit agar memfasilitasi seluruh perawat mengikuti pelatihan tentang EWS.

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 70 times
pdf downloaded = 58 times