FAKTOR PENGETAHUAN, PERILAKU PENGOBATAN DAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM KEJADIAN ACNE VULGARIS DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PEMALANG

  • Juan Bagus Pambudi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Yulian Wahyu Permadi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Wulan Agustin Ningrum Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • St. Rahmatullah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Keywords: Acne, pengetahuan, pengobatan, percayadiri, SMK

Abstract

Acne vulgaris adalah kondisi peradangan kronis pada folikel pilosebaceous, ditandai dengan lesi seperti komedo, papula dan kista. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kejadian acne vulgaris dengan tingkat pengetahuan, perilaku pengobatan dan rasa percaya diri pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah cross-sectional dengan sampel 91 siswa yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil menunjukkan bahwa kejadian acne vulgaris terbanyak ada pada kategori ringan (50.64%), tingkat pengetahuan baik (85%), perilaku pengobatan swamedikasi (72.53%) dan rasa percaya diri tinggi (39.56%). Terdapat hubungan signifikan antara kejadian acne vulgaris dengan tingkat pengetahuan, perilaku pengobatan dan rasa percaya diri.

Acne vulgaris is a chronic inflammatory condition of the pilosebaceous follicles, characterized by lesions such as blackheads and cysts. This study aims to determine the relationship between acne vulgaris incidence and knowledge level, treatment behavior, and self-confidence among SMK Muhammadiyah 1 Pemalang students. The study used a cross-sectional method with 91 purposively selected students. Data were collected using a validated and reliable questionnaire and analyzed with the Chi-Square test. Results showed that mild acne vulgaris was most common (50.64%), with good knowledge (85%), self-medication behavior (72.53%), and high self-confidence (39.56%). Significant relationships were found between acne vulgaris and knowledge level, treatment behavior, and self-confidence.

Author Biographies

Juan Bagus Pambudi, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Farmasi, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Pekalongan, Indonesia

Yulian Wahyu Permadi, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Farmasi, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Pekalongan, Indonesia

Wulan Agustin Ningrum, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Farmasi, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Pekalongan, Indonesia

St. Rahmatullah, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Farmasi, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Pekalongan, Indonesia

Published
2024-08-23
Abstract viewed = 94 times
pdf downloaded = 49 times