PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOLASE ANORGANIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 338 JAMPANG KAB. BULUKUMBA

  • Siti Magfirah Magfirah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Meisar Azhari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Roslyn Roslyn Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Media Kolase Anorganik, Seni Budaya dan Prakarya, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan umum yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kolase anorganik terhadap hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada siswa kelas IV SD Negeri 338 Jampang Kab. Bulukumba.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design yang menggunakan desain “One Group Pretest Postest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 338 Jampang yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah dengan pemberian tes pretest dan postest. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial, di dalam penggunaan statistik inferensial digunakan statistik t (uji-t).

Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis data inferensial dengan menggunakan uji normalitas hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan media kolase anorganik diperoleh nilai signifikan pada pretest 0.428, posttest 0.725 dan kolase anorganik 0.139 nilai signifikan yang diperoleh > 0.05 sehingga data tersebut berdistribusi normal.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya SD Negeri 338 Jampang Kab. Bulukumba.

Author Biographies

Meisar Azhari, Universitas Muhammadiyah Makassar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar

Roslyn Roslyn, Universitas Muhammadiyah Makassar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar

Published
2024-05-31
Abstract viewed = 9 times
pdf downloaded = 0 times