PENGARUH EDUKASI BERBASIS BOOKLET TERHADAP KONTROL TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS KAWATUNA

  • Indar Ramadhanti Universitas Widya Nusantara
  • Moh. Malikul Mulki Universitas Widya Nusantara
  • Masri Dg. Taha Universitas Widya Nusantara
Keywords: Edukasi Booklet, Kontrol Tekanan Darah, Hipertensi

Abstract

Latar Belakang : Tekanan darah melebihi batas normal dalam waktu lama dikenal sebagai hipertensi yang menyebabkan sakit dan kematian. edukasi bentuk “booklet”, penjelasan sederhana dan gambar yang mudah dipahami penderita hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah teranalisis pengaruh edukasi berbasis booklet terhadap kontrol tekanan darah pada pasien hipertensi di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kawatuna.

Metode : penelitian ini adalah quasy-eksperiment, pendekatan pretest- posttest with control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 953 orang, jumlah sampel 84 orang dengan teknik purposive sampling.

Hasil Penelitian : Penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kontrol tekanan darah. Pre test pada kelompok intervensi didominasi oleh pasien dengan kepatuhan minum obat rendah (76,2%) kemudian menjaga pola makan dan gaya hidup kurang (47,6%). Post test intervensi, kepatuhan minum obat meningkat menjadi sedang (54,8%) lalu menjaga pola makan dan gaya hidup baik (61,9%). Di kelompok kontrol, kepatuhan minum obat tetap rendah (66,7%) serta menjaga pola makan dan gaya hidup cukup (66,7%). Uji wilcoxonmenunjukkan hasil signifikan dengan nilai p = 0,000 (p ≤ 0,05) yang berarti terdapat perbedaan kontrol tekanan darah sebelum dan sesudah diberi edukasi.

Simpulan : Ada pengaruh edukasi berbasis booklet terhadap kontrol tekanan darah pada pasien hipertensi di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kawatuna.

Saran : Puskesmas Kawatuna disarankan untuk menyelenggarakan penyuluhan kesehatan mengenai pemantauan dan kontrol tekanan darah rutin menggunakan media kombinasi booklet dan leaflet.

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 51 times
pdf downloaded = 42 times