Pengembangan Majalah Anatomi Tumbuhan Sebagai Sumber Informasi Mahasiswa di IKIP Budi Utomo Malang
Abstract
Penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa majalah guna mendukung berhasilnya proses pembelajaran anatomi tumbuhan. Hadirnya majalah anatomi tumbuhan diharapkan dapat memberikan suasana belajar yang baru selama proses belajar, serta mampu memberikan informasi terbaru. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D dari Thiagarajan (1974). Model 4D memiliki 4 tahapan antaralain: define, design, develop, dan disseminate, tetapi dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop saja tanpa tahap disseminate. Sampel yang digunakan dalam uji coba adalah mahasiswa kelas A angkatan 2017 berjumlah 35 orang, data diperoleh dengan menggunakan hasil angket. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar Majalah layak digunakan dalam pembelajaran, ini ditunjukkan hasil data uji ahli materi dinyatakan sangat baik, data uji media dan desain pembelajaran dinyatakan sangat baik, data uji coba perorangan dinyatakan sangat baik dan uji coba kelompok sedang dinyatakan sangat baik. Uji coba kelompok sedang dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Majalah layak digunakan sebagai salah satu reverensi majalah bahan ajar Anatomi Tumbuhan oleh mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang karena sudah tervalidasi.