PENGARUH ACAK EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PERANGKAT MATEMATIKA AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG
Abstract
Tantangan pembelajaran semakin di rasakan diera pandemi. Proses pembelajaran secara daring/online merupakan efek dari kebijakan WFH dimana peserta didik dan guru belajar dari rumah (BDR). Bangun ruang merupakan kajian materi yang bersifat abstrak sehingga membutuhkan proyeksi obyek bangun ruang.selanjutnya dikembangkan perangkat MAR, yaitu Matematika Augmented Reality . perangkat mar di uji coba di sd kedung pedaringan, uji coba menggunakan rancangan acak lengkap. Hasil analisis menyimpulkan pengembangan perangkat pembelajaran MAR untuk materi bangun ruang kelas V SD terbukti secara statistik berpengaruh pada hasil belajar.
References
Hanafiah, KA. 2004. Rancangan Percobaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Mattjik. A. A &
Sumertajaya. I. M. 2000. Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab Jilid I. Bogor: IPB Press.
Sudjana. 1989. Desain dan Analisis Eksperimen Edisi III. Bandung: Tarsito.
Sungkur (2016). Augmented Reality, the future Of contextual mobile learning. University of Mauritius, Réduit, Mauritius.
Wardani, Setia. 2015. Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) untuk Pengenalan Aksara Jawa pada Anak. Jurnal Teknologi, Volume 8 Nomor 2, 104-111.