ANALISIS KEMAMPUAN NUMERIK SISWA DITINJAU BERDASARKAN GAYA KOGNITIF
Keywords:
Kemampuan numerik, field independent, field dependentAbstract
Kemampuan numerik adalah kemampuan memecahkan masalah yang berhubungan dengan angka-angka. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan numerik siswa ditinjau berdasarkan gaya kognitif. Beberapa penelitian yang sudah ada, menganalisis kemampuan numerik berdasarkan gaya reflektif dan impulsif. Pada penelitian ini, analisis dilakukan berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Indikator kemampuan numerik terdiri dari kemampuan memecahkan masalah, kemampuan hitung secara matematis, dan kemampuan berpikir logis, dalam penelitian ini Siswa dapat menjelaskan penyelesaian soal yang dilakukan secara logis dan sistematis berdasarkan konsep pada materi bilangan. Penelitian ini dilakukan pada materi bilangan bulat di MTs Miftahul Ulum Ngingit Kabupaten Malang. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas 7, dimana 19 orang anak diminta menerjakan tes GEFT kemudian nanti akan dipilih 2 orang dimana 1 siswa dengan gaya kognitif field dependent dan 1 siswa lagi dengan gaya kognitif field independent. Kemudian 2 orang siswa tersebut diberikan tes dan dilakukan wawancara untuk mengetahui kemampuan numerik siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan numerik siswa field dependent tergolong rendah karena belum mencapai semua indikator. sedangkan siswa field independent kemampuan numeriknya sedang karena sudah mencapai 2 indikator namun pada hasil akhir jawaban masih salah.