Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu; 1) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum mengunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis gallery walk. 2) Mengetahui hasil belajar siswa sesudah mengunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis gallery walk. 3) Mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis gallery walk terhadap hasil belajar kelas IX di SMP Kristen 1 YPK Malang. Penelitian ini adalah penelitian Experiment Quasi Desain (Desain Eksperimen Semu). Untuk pengumpulan data mengunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan teknik analisi yaitu paired sampels t-test berbantuan SPPS 29 for Windows. Hasil penelitian yaitu: 1) Sebelum mengunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis gallery walk rata-rata hasil belajar siswa sebesar 49,52. 2) Sesudah mengunkaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis gallery walk rata-rata hasil belajar sebesar 85,71. 3) Berdasarkan nilai signifikansi uji paired sampels t-test menunjukan nilai 0,001 < 0,05 (Kritreia Uji Hipotesis). Selain itu, selisih peningkatan hasil belajar antara kelas sebelum dan sesudah sebesar 36,91 atau mengalami kenaikan dengan persentase sebesar 74,53%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis gallery walk terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Kristen 1 YPK Malang.