Penerapan model flipped classroom dalam peningkatan hasil belajar siswa SMP Katolik Marsudi Siwi Malang pada mata pelajaran ipa
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini merambah berbagai sektor, khususnya pendidikan yang telah berubah pola pembelajaran lama ke yang baru. Berdasarkan fenomena ini, penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.Sampel diambil dari SMP Katolik Marsudi siwi.pendekatan penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Adapun tujuan utama di dalam penelitian tindakan kelas ini demi mencapai perbaikan dan peningkatan dalam. Jenis penelitian (PTK) ini mampu menawarkan cara dan prosedur baru untuk memperbaiki dan meningkatkan profesionalisme pendidik dalam proses belajar mengajar di kelas denganmelihat pada siswa. Dari hasil pengamatan , maka dapat disimpilkan bahwa model ini sangat membantu guru untuk mengajar materi sesuai kurikulum 2013.