Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Inovasi Produk Kerajinan Tangan Berbasis Green Village
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah membantu UMKM kerajinan mendong dalam meningkatkan penjualan melalui diversifikasi produk dengan kualitas yang lebih baik dan memperluas jangkauan pemasaran. Manfaat kegiatan ingin meningkatkan omset penjualan sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan pendapatan bagi pemilik usaha kerajinan mendong. Permasalahan yang dihadapi mitra, pertama diakui oleh mitra bahwa para pengrajin belum menemukan strategi baru dalam usaha pemasaran. Selama ini pemasaran yang dilakukan masih bersifat konvensional, belum menggunakan media promosi untuk memperkenalkan produk, hanya menunggu reseller yang datang. Kedua, terbatasnya ide pengrajin mendong untuk menghasilkan produk yang beragam dan berkualitas. Usaha kerajinan seperti tikar, tampar, hantaran sudah banyak dipasaran dan secara umum sama sehingga persaingan usaha semakin ketat. Untuk menyelesaikan masalah tersebut maka, perlu strategi penganekaragaman produk (diversifikasi) yang khas dan memperluas wilayah pemasaran melalui strategi promosi. Diversifikasi produk dilakukan melalui peningkatan kualitas produk, memberikan sentuhan berupa corak khas berbasis kearifan lokal dalam kerajinan mendong. Hal ini dilakukan melalui pelatihan pembuatan kerajinan mendong dengan mendatangkan tenaga ahli yang berkompeten di bidangnya. Target dari kegiatan ini adalah produk kerajinan mendong yang baru, unik, dan berkualitas. Sedangkan strategi pemasaran dilakukan melalui berbagai cara antara lain pemberian merek, media sosial dan marketplace, serta pembuatan papan nama usaha. Luaran dari kegiatan ini yaitu terdapat merek pada seluruh produk kerajinan mendong yang elegan dan menarik; produk-produk lama dan baru terpublish dan teraktivasi di media sosial maupun marketplace; serta papan nama usaha.