PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMPN 10 SOKAN KALIMANTAN BARAT
Abstract
Keterampilan menulis puisi adalah keterampilan sastra yang harus dicapai siswa dengan tekun berlatih sehingga dapat mengubah ide dan gagasannya menjadi karya puisi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis puisi siswa Kelas Siswa VII SMPN 10 Sokan Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, serta menguji kelayakan dan keefektifan media “Flashcard untuk Menulis Puisi”. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE. Prosedur penelitian yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas Siswa VII SMPN 10 Sokan Kalimantan Barat. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji hipotesis, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan media “Flashcard untuk Menulis Puisi ”sangat layak digunakan dengan presentase rata-rata penilaian ahli materi 86,63% dan ahli media 90,21%. Terdapat peningkatan rata-rata nilai siswa sebanyak 72%, hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,559107 dengan kriteria sedang, dan hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa data sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa rata-rata nilai antara pretest dan posttest mengalami perubahan signifikan. Simpulan penelitian: media “Flashcard untuk Menulis Puisi” layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran materi puisi oleh Siswa VII SMPN 10 Sokan Kalimantan Barat. Saran penelitian selanjutnya: lebih teliti dalam perencanaan pengembangan media flashcard, sebaiknya dikembangkan sesuai kebutuhan serta karakteristik siswa.