THE USE OF CARTOON SILENT MOVIE TO ENHANCE LEARNER IN SPEAKING PROFICIENCY
Penggunaan Film Kartun Bisu Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbicara Pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Cartoon Silent Movie sebagai pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan Desain Penelitian Pra Eksperimental. Penelitian ini dilakukan dalam dua belas pertemuan, yaitu pre-test, sepuluh hari perlakuan, dan post-test. Ada satu kelas yang terdiri dari 28 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen dalam tes lisan, yaitu pre-test dan post-test. Sebelum melakukan tes instrumen, peneliti menghitung validitas dan reliabilitas tes dengan menggunakan bahasa untuk menentukan apakah tes tersebut reliabel atau tidak reliabel untuk digunakan sebagai pre-test dan juga untuk normalitas. Hasilnya menunjukkan bahwa tes yang digunakan sudah benar. Pre-test diberikan kepada siswa sebelum melakukan perlakuan. Ketika teknik diterapkan peneliti bertindak sebagai guru. Setelah melakukan treatment menggunakan Film Kartun Silent dalam pembelajaran, siswa memberikan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada pre-test mencapai nilai rata-rata yang lebih rendah (25 VS 43,75) dibandingkan pada post-test. Dari Farah Fauziah – English B 2018 The Use of Cartoon Silent Movie to Enhance Learner in Speaking Proficiency 2 Perpustakaan IKIP BUDI UTOMO MALANG perhitungan independent sentence sample Ttest diketahui bahwa nilai T = (10,283 lebih besar dari 0,000), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Film Kartun Silent dalam pembelajaran berbicara pada siswa SMA Maarif Lawang ditemukan. Selain itu, berdasarkan signifikansi (to-tailed), menunjukkan bahwa 0,000 lebih rendah dari taraf signifikansi 0,05. Dalam tayangannya, Cartoon Silent Movie dapat mempengaruhi kemampuan berbicara siswa.