Tindak Tutur Direktif Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMP Melalui Tiktok

Authors

  • Ismu Barokah Abror Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Mukti Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Nurnaningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.1091

Keywords:

tindak tutur direktif, pidato persuasif, tiktok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif pidato persuasif siswa kelas IX MTsN 9 Gunungkidul melalui TikTok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang diambil yaitu tuturan yang mengandung bentuk tindak tutur direktif. Sumber data adalah video pidato persuasif siswa kelas IX melalui TikTok. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik simak catat. Teknik uji validitas data dalam penelitian ini dengan mengggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis pragmatik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 219 tuturan bentuk direktif yang ditemukan terdapat bentuk meminta (91), memerintah (21), memesan (24), menasihati (71), dan merekomendasikan (12). Bentuk tindak tutur direktif meminta ditandai kata marilah, ayo, izinkan, mohon. Bentuk tindak tutur direktif memerintah ditandai partikel –lah, akhiran –i, kata jangan, harus, wajib. Bentuk tindak tutur direktif memesan ditandai kata semoga, ingin, untuk, partikel –lah. Bentuk tindak tutur menasihati menggunakan kata sebaiknya, seharusnya, supaya, agar, hendaknya, perlu, alangkah baiknya, dan konjungsi sebab akibat. Bentuk tindak tutur merekomendasikan menggunakan kata beberapa langkah, dengan cara, dapat dilakukan, solusi untuk.

Downloads

Published

2025-03-01

Citation Check