Pengembangan Media Flash Card dalam Penguatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.1125Keywords:
media flashcard, pembelajaran keterampilan menulis, teks deskriptifAbstract
Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flashcard dan mengetahui kelayakanya serta mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks deskriptif siswa. Penelitian ini menerapkan metode penelitian pengembangan atau R&D (Reseach and Development) dengan menggunakan rancangan pengembangan Borg & Gall melalui enam langkah dengan produk flashcard yang dilengkapi dengan barcode. Sebagai subjek penelitian adalah seorang ahli materi, seorang ahli media, dan seorang guru bahasa Indonesia SMP. Pegumpulan data melaliu kuesioner kelayakan media, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) media pembelajaran menulis teks deskripsi dapat dikembangkan melaui media flashcard; (2) media pembelajaran flashcard sangat layak karena mendapatkan penilaian kelayakan 92,7% dari ahli materi, ahli media, dan guru; (3) media pembelajaran flashcard meningkatan keterampilan menulis teks deskriptif siswa Siswa sekolah menengah pertama terbukti dengan naiknya rata-rata nilai siswa sebesar 9.Siswa dapat mengambil manfaat dari penggunaan media flashcard yang diproduksi sebagai alat pembelajaran. Penelitian ini menyarankanagar para guru yang ingin mengedukasi siswanya tentang cara membuat teks deskriptif yang efektif dapat melakukannya.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.