Analisis Strategi Pembelajaran PQ4R Untuk Menentukan Ide Pokok Pada Teks Eksplanasi

Authors

  • Romlah Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.1126

Keywords:

ide pokok, PQ4R, teks eksplanasi

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas 6 pada SDN 3 Dawuhan khususnya saat pembelajaran menentukan ide pokok teks eksplanasi disebabkan oleh beberapa faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor eksternal diantaranya adalah variasi model pembelajaran yang dilakukan guru masih belum maksimal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN 3 Dawuhan yang terdiri dari 10 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji keefektifan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite and Review) pada pembelajaran Bahasa Indonesia menentukan ide pokok suatu teks eksplanasi. Hasil yang diperoleh adalah, 1) meningkatkan kemampuan bertanya, 2) meningkatkan percaya diri, 3) meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan 4) kemampuan memahami bacaan. Saran untuk penelitian berikutnya, agar ada upaya membudayakan kegiatan baca bagi peserta didik sehingga dapat menambah perbendaharaan kosakata yang selanjutnya akan meningkatkan kemampuan pemahaman baca juga.

Downloads

Published

2025-03-01

Citation Check