Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Memanfaatkan Aplikasi Daring Wordwall pada Siswa Kelas VIII A MTs Annur Al Huda Tajinan Malang

Authors

  • Syahrul Gunawan IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
  • Susandi IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
  • Lis Susilawati IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.1132

Keywords:

media, aplikasi, wordwall

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia dengan memanfaatkan aplikasi daring wordwall pada siswa kelas VIII A MTs Annur Al Huda Tajinan Malang. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Annur Al Huda Tajinan kelas VIII A. Dengan memanfaatkan aplikasi wordwall diharapkan siswa tidak bosan ketika kegiatan belajar mengajar. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data kuantitatif dalam penelitian ini adalah melalui proses validasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini ada enam langkah yaitu adalah (1) analasis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) produksi; (4) validasi produk; (5) evaluasi produk; (6) pengujian terbatas. Hasil penelitian memanfatkan aplikasi wordwall memperoleh nilai rata-rata dari ahli materi 4,4atau katagori sangat baik dan nilai rata-rata ahli media 4,5 atau katagori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata ahli bahasa 4,6 atau kategori sangat baik dan hasil perhitungan angket responden dengan rata-rata 4,6 atau kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan menurut ahli materi, media, bahasa dan dari hasil perhitungan angket siswa bahwa penelitian pengembangan media evaluasi menggunakan aplikasi wordwall sudah layak digunakan di kelas VIII A MTs Annur Al Huda Tajinan Malang.

Downloads

Published

2025-03-01

Citation Check