Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Materi Cuaca Kelas III SD Negeri 2 Bungu

Authors

  • A. Falikul Misbah Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Khamdun Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Lintang Kironoratri Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/alfabeta.v8i2.1302

Keywords:

Quantum teaching, Video animasi, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia yang disebabkan oleh kurangnya variasi model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media video animasi. Quantum Teaching adalah model pembelajaran yang menyenangkan dan menciptakan interaksi edukatif antara guru dan siswa, serta mengoptimalkan lingkungan belajar fisik dan mental. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest, dilakukan pada 11 siswa kelas III SDN 2 Bungu. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan uji n-gain untuk mengukur efektivitas intervensi. Hasil analisis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah intervensi dengan signifikansi 0,000. Nilai N-Gain yang tinggi (0,727) juga menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Kesimpulannya, model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media video animasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia di SDN 2 Bungu Mayong Jepara.

Downloads

Published

2025-10-10

Citation Check