Pangaruh Media Pangajaran Mind Mapping Kana Hasil Ngaregepkeun Dongeng di Kelas VII SMP Negeri 1 Jalaksana

Authors

  • Indra Setiawan Universitas Muhammadiyah Kuningan, Indonesia
  • Opah Ropiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/alfabeta.v8i2.1329

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran mind mapping terhadap hasil menyimak dongeng di kelas VII SMP Negeri 1 Jalaksana. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji normalitas, dan uji t sampel. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Jalaksana dengan sampel 36 siswa kelas VII F. Hasil penelitiannya yaitu: 1) hasil menyimak dongeng sebelum menggunakan media pembelajaran mind mapping masih banyak dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70 yaitu 3 siswa (8,82%) sedangkan 31 siswa (91,17%) di atas KKM; 2) hasil menyimak dongeng setelah menggunakan media pembelajaran mind mapping meningkat yaitu 30 siswa (88,23%) di atas nilai KKM sedangkan 4 siswa (11,76%) di bawah KKM; 3) adanya pengaruh media pembelajaran mind mapping terhadap hasil menyimak dongeng berdasarkan uji hipotesis (paired sample t-test) diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau (0,000<0,05%) sehingga hasil Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil menyimak dongeng sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran mind mapping.

Downloads

Published

2025-10-10

Citation Check