Metode Learning cycle 5E Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33503/alfabeta.v8i2.1892Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada penerapan model Learning Cycle 5E berbantuan media wordwall dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi kelas X MA Al-Ahliyah. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi ekspresimen jenis non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, X1 dan X2. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu wawancara, angket, dan tes. Kemudian, teknik analisis data penelitian menggunakan tiga uji, yakni uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh pada model Learning Cycle 5E, hal ini dilihat dari nilai rata-rata data posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 76.3 dan 64.8, terdapat selisih sebesar 11,5 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan diantara kedua kelas tersebut. Selain itu, dari hasil analisis uji t data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat dilihat pada skor sig 2 tailed sebesar 0,001 < 0,005, maka dapat diartikan bahwa Ho ditolak. Berdasarkan hasil nilai rata-rata dan nilai t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media wordwall dalam pembelajaran keterampilan menulis pada puisi siswa kelas X MA Al-Ahliyah.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.