Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Metode Game Based Learning dalam Menulis Teks Anekdot

Model Pembelajaran Kooperatif

Authors

  • Silvia Ariyani Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Isnaini Leo Shanty Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Harry Andheska Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/alfabeta.v8i2.2358

Keywords:

Model pembelajaran , Kooperatif, Menulis teks anekdot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe think talk write berbantuan metode game based learning terhadap kemahiran menulis teks anekdot siswa kelas X SMAN 4 Tanjungpinang tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Tanjungpinang tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil pretest dan posttest kemahiran menulis teks anekdot. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantuan metode game based learning terhadap kemahiran menulis teks anekdot siswa kelas X. hal ini dibuktikan dari hasil uji nonparametrik Mann Whitney dengan nilai Z sebesar -2.225 dengan taraf signifikansi 5% sehingga menunjukan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,026 dan dapat didapatkan hasil p-value 0,026 < 0,05 yang artinya diterima dan ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran think talk write berbantuan metode game based learning dengan kemahiran menulis teks anekdot siswa kelas X.

Downloads

Published

2025-10-10

Citation Check