Analisis Hambatan yang Dialami Siswa dalam Mengimplementasikan Sikap Ekonomi Rasional melalui Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Pasirian

Analysis of Obstacles Experienced by Students in Implementing Rational Economic Attitudes through Social Studies Subjects at SMPN 2 Pasirian

Authors

  • Gati Ayu Likasari STKIP PGRI Lumajang, Indonesia
  • Triwilujeng Ayuningtyas STKIP PGRI Lumajang, Indonesia
  • Roni Wiranata STKIP PGRI Lumajang, Indonesia
  • Grahita Rizky Prawidya Naviesti STKIP PGRI Lumajang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i1.1191

Keywords:

Kesulitan Belajar, Sikap Ekonomi Rasional

Abstract

Dalam pembelajaran, terdapat berbagai kesulitan yang dihadapi, seperti pemahaman konsep dasar yang kurang kuat, terbatasnya sumber daya, dan minimnya dukungan dari lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan tersebut serta mengevaluasi strategi yang dapat membantu memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep sosial dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Metode yang diterapkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan siswa dan guru, serta studi dokumentasi. Peneliti berperan sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data dan melakukan observasi langsung di SMPN 2 Pasirian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis terhadap kesulitan belajar siswa dalam menerapkan sikap ekonomi rasional dalam pelajaran IPS dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman serta penerapan konsep sikap ekonomi rasional. Siswa mengalami kendala dalam memahami konsep sosial yang berkaitan dengan mata pelajaran IPS, termasuk kesulitan mengaitkan berbagai konsep ekonomi rasional. Di samping itu, rendahnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran juga menjadi faktor yang signifikan.

Downloads

Published

2025-04-28

Citation Check