Efektivitas Penggunaan Media Genially Berbantuan Metode TGT dalam Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Pada Materi Ketenagakerjaan Kelas XI Ekonomi

The Effectiveness of Using Genially Media Assisted by the TGT Method in Increasing Participation and Learning Outcomes in Employment Material for Class XI Economics

Authors

  • Nanda Aji Setyaputri Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Afif Nur Khayati Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang , Indonesia
  • Jarot Tri Bowo Santoso Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i1.1350

Keywords:

Genially, Hasil Belajar, Team Games Tournament

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Genially dalam meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, khususnya pada materi ketenagakerjaan, di kelas XI Ekonomi SMAN 12 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan desain Nonequivalent Pre-test and Post-test Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang diberikan kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen.  Hasil analisis independent t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,01 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada rata-rata hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode TGT berbantuan media Genially berpengaruh positif terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 12 Semarang. Namun, keefektifan media Genially sebagai media pembelajaran dinilai masih kurang optimal. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji N-Gain yang hanya mencapai 44% sehingga masuk dalam kategori “kurang efektif”.

Downloads

Published

2025-04-28

Citation Check