Efektivitas Penggunaan Media Genially Berbantuan Metode TGT dalam Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Pada Materi Ketenagakerjaan Kelas XI Ekonomi
The Effectiveness of Using Genially Media Assisted by the TGT Method in Increasing Participation and Learning Outcomes in Employment Material for Class XI Economics
DOI:
https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i1.1350Keywords:
Genially, Hasil Belajar, Team Games TournamentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Genially dalam meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, khususnya pada materi ketenagakerjaan, di kelas XI Ekonomi SMAN 12 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan desain Nonequivalent Pre-test and Post-test Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang diberikan kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisis independent t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,01 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada rata-rata hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode TGT berbantuan media Genially berpengaruh positif terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 12 Semarang. Namun, keefektifan media Genially sebagai media pembelajaran dinilai masih kurang optimal. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji N-Gain yang hanya mencapai 44% sehingga masuk dalam kategori “kurang efektif”.