Pengaruh Teknologi Virtualisasi Produk Secara Hedonis dalam Belanja Pakaian Online
The Hedonic Influence of Product Virtualization Technology on Online Clothing Shopping
DOI:
https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i1.1367Keywords:
Virtualisasi Produk, Sikap Konsumen, Niat Beli, E-CommerceAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh teknologi virtualisasi produk, khususnya 3D View dan Virtual Try-On, pada pengalaman belanja pakaian online. Studi ini menyoroti bagaimana aspek kegunaan dan hiburan dari teknologi tersebut memengaruhi sikap serta niat beli konsumen. Metode penelitian yang penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dan teknik analisis Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menyatakan jika kegunaan dan hiburan yang dirasakan mempunyai pengaruh signifikan pada sikap konsumen, dan berpengaruh positif pada niat beli mereka. Meskipun, penggunaan teknologi virtualisasi secara berlebihan berpotensi menimbulkan perilaku konsumtif hedonis. Temuan ini memberikan wawasan bagi industri E-Commerce untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi virtualisasi guna meningkatkan pengalaman belanja tanpa mengabaikan keseimbangan antara manfaat fungsional dan hiburan.