Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mendeteksi Pemilihan Konsentrasi Penjurusan di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat Dengan Berbasis Model Rasch
Development of an Assessment Instrument to Detect the Selection of Major Concentrations in the FKIP Economics Education Study Program, Lambung Mangkurat University Based on the Rasch Model
DOI:
https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i2.1394Keywords:
Model Rasch, Reliabilitas, ValiditasAbstract
Selama ini penjurusan konsentrasi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP ULM masih berbasis kuota, belum berbasis kompetensi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes yang dapat digunakan untuk mendeteksi pemilihan konsentrasi penjurusan pada mahasiswa program studi Pendidikan ekonomi FKIP ULM berbasis kompetensi. Metode penelitian ini menggunakan desain R&D dengan model Rasch dengan 10 Tahap menurut Liu. Temuan dari penelitian menunjukan bahwa instrumen tes memiliki validitas yang baik dengan nilai MNSQ infit sebesar 1.00 dan MNSQ outfit sebesar 0.93. hasil uji reliabilitas menunjukkan angka 0.73 yang artinya butir–butir soal ini sudah baik. Diharapkan instrument tes ini dapat digunakan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP ULM untuk digunakan sehingga menjadi pertimbangan dalam menentukan konsentrasi penjurusan mahasiswa.