Analisis Produk VUSE (Rokok Elektrik) pada PT. Bentoel Group/BAT Indonesia sebagai Alternatif Pengganti Rokok Konvensional
Analysis of Product VUSE (Electric Cigarette) at PT Bentoel Group / BAT Indonesia as an Alternative to Conventional Cigarettes
DOI:
https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i1.1460Keywords:
Strategi Marketing, Strategi Bisnis, Pencapaian Target Penjualan, Jaringan Bisnis, Pemasaran DigitalAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa Produk VUSE (Rokok Elektrik) pada PT. Bentoel Group/BAT Indonesia sebagai pengganti rokok konvensional. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana jejaring bisnis dapat meningkatkan efektivitas penjualan dalam lingkungan pasar yang kompetitif. Pengusaha dituntut untuk mengembangkan strategi bisnis yang efektif guna mencapai target penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan bertahan dalam persaingan pasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menganalisis Produk VUSE (Rokok Elektrik) sebagai pengganti rokok Konvensional pada PT. Bentoel Group/BAT Indonesia. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa produk tembakau alternatif yang dikelola dengan baik memiliki profil risiko yang jauh lebih rendah daripada rokok konvensional. Zat beracun yang dilepaskan oleh pembakaran tembakau adalah penyebab bahaya dari merokok. Di era digital saat ini, jejaring bisnis juga mencakup pemanfaatan platform online seperti aplikasi pesan instan dan media sosial untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan menciptakan citra merek. Studi menunjukkan bahwa jejaring bisnis melalui media sosial dapat memperluas pasar dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun, untuk memaksimalkan potensi jejaring bisnis, diperlukan inovasi lebih lanjut. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pemasaran bisnis untuk produk VUSE (rokok elektrik).