Relevansi Halal Lifestyle dan Halal Awareness dalam Menggunakan Kosmetik Halal
The Relevance of Halal Lifestyle and Halal Awareness in Using Halal Cosmetics
DOI:
https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i1.1466Keywords:
Halal Lifestyle, Halal Awarenes, Kosmetik halalAbstract
Perilaku konsumen Muslim di Indonesia saat ini semakin dipengaruhi oleh meningkatnya kesadaran halal (Halal awareness). Tren halal lifestyle, yang mencakup berbagai aspek kehidupan, juga memengaruhi pilihan produk kecantikan. Kosmetik halal menjadi pilihan utama bagi banyak konsumen karena sesuai dengan nilai-nilai dan keyakinan keagamaan mereka, yaitu terbebas dari bahan-bahan haram dan najis, serta terjamin proses produksinya. Penelitian mengenai perilaku konsumen dalam konteks halal lifestyle dan kosmetik halal menjadi penting untuk memahami faktor-faktor yang mendorong pilihan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku halal lifestyle serta pendapat terkait penggunaan kosmetik halal menurut prespektif ning pondok pesantren. Metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dan obeservasi langsung. Analisis data dilakukan menggunakan metode Miles dan Huberman, mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa halal lifestyle dan halal awareness memiliki peran besar dalam keputusan perempuan dalam memilih kosmetik. Perempuan yang memiliki tingkat halal awareness tinggi cenderung lebih memilih produk kosmetik dan memastikan bahwa produk yang di gunakan bebas dari bahan najis dan aman untuk ibadah. Di sisi lain, penelitian ini juga mengungkap bahwa tidak semua perempuan merasa perlu menggunakan kosmetik, baik karena alasan pribadi, kepraktisan, maupun faktor keluarga.