Pengaruh Penggunaan E-commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi
The Influence of E-commerce Use on the Consumptive Behavior of Students in the Economics Education Study Program
DOI:
https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i2.1642Keywords:
Penggunaan e-commerce, Perilaku konsumtifAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan kemudahan akses internet telah mendorong peningkatan penggunaan e-commerce, khususnya di kalangan mahasiswa yang dikenal sebagai generasi digital dan lebih menyukai kemudahan serta kepraktisan dalam berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Penelitian ini membuktikan adanya pengaruh penggunaan e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2021 di Program Studi Pendidikan Ekonomi sebanyak 75 mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan linieritas regresi sederhana; dan uji hipotesis meliputi korelasi product moment, koefisien determinan, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-commerce berpengaruh terhadap perilaku konsumtif dengan korelasi sebesar 0,584 (sedang). Analisis data menggunakan Uji t menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel atau 6,15 ≥ 1,66, jadi dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh Penggunaan E-commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya.