Transformasi Destinasi Pemasaran: Model Integratif Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di Kawasan Objek Wisata Sidebu-Debu, Kabupaten Karo Sumatera Utara

Marketing Destination Transformation: An Integrative Model of Sustainable Tourism Development in the Sidebu-Debu Tourism Area, Karo Regency, North Sumatra

Authors

  • Ari Prabowo Manajemen, Universitas Potensi Utama, Indonesia
  • Yahya Tanjung Manajemen, Universitas Potensi Utama, Indonesia
  • Etty Sri Wahyuni Manajemen, Universitas Batam, Indonesia
  • Henry Aspan Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i2.1687

Keywords:

Inovasi pariwisata, Intensitas kunjungan, Lingkungan pariwisata, Pengetahuan pariwisata, Transformasi destinasi

Abstract

Kawasan wisata Sidebu-debu menghadapi berbagai tantangan, seperti tingginya persaingan dengan destinasi populer di sekitarnya, resistensi terhadap inovasi karena kekhawatiran hilangnya keaslian, minimnya integrasi antara pengetahuan lokal dan ilmiah, serta konflik antara pengembangan pariwisata dan pelestarian lingkungan, di mana pemilik lahan lebih tertarik membangun infrastruktur komersial daripada menjaga kelestarian alam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis hubungan langsung dan tidak langsung antara variabel pengetahuan pariwisata, lingkungan pariwisata, inovasi pariwisata dan intensitas kunjungan di objek wisata Sidebu-debu, Kabupaten Karo-Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kausal dengan metode penelitian kuantitatif, dan menggunakan analisis data Stucture Equation Models dengan alat analisis Smart-PLS. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen yang berkunjung ke objek wisata Sidebu-debu, Kabupaten Karo-Sumatera Utara, yang jumlahnya tidak dapat diketahui secara pasti. Penarikan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Adapun jumlah sampel yang diambil sebanyak 150 responden. Hasil penelitian dijelaskan bahwa pengetahuan pariwisata, lingkungan pariwisata, dan inovasi pariwisata secara langsung berpengaruh signifikan terhadap intensitas berkunjung, dan pengetahuan pariwisata, lingkungan pariwisata secara langsung berpengaruh signifikan terhadap inovasi pariwisata. Selanjutnya, pengetahuan pariwisata dan lingkungan pariwisata berpengaruh signifikan terhadap intensitas berkunjung melalui inovasi pariwisata.

Downloads

Published

2025-08-04

Citation Check